Bingung Cari Modal Usaha? Manfaatkan jenis pinjaman di Pegadian, cara untuk dapatkan Modal Usaha Anda

Bingung cari Modal Usaha?  Manfaatkan jenis pinjaman di Pegadian, cara untuk dapatkan Modal Usaha
Ditengah kondisi perekonomian seperti sekarang ini dimana banyaknya pengangguran yang kesulitan mencari kerja dan banyak juga pabrik - pabrik menerapkan kebijakan mengurangi karyawan.
Yang tidak lain karena dampak pandemi covid 19.
Hal itu berdampak pada perekonomian Masyarakat ,hingga ahirnya masyarakat mencoba untuk memulai usaha sendri.
Mulai dari mencoba bertani ,berdagang dan lain lain.

Tentunya salah satu kendala untuk memulai usaha atau bisnis tidak lain adalah modal.
Anda bingung mencari Modal Usaha, dan ingin mengajukan pinjaman?
Namun Sebelum Mengajukan pinjaman modal pastikan Anda yakin dengan bisnis yang akan anda mulai ,dari cara ,strategi ,dan peluang apa yang kira - kira bisa berkembang dalam situasi seperti sekarang ini.
Baca : 17 Trend ide bisnis Modal kecil

Nah,, Untuk Anda yang mungkin sedang bingung cari pinjaman modal ,karana saking banyaknya pinjol (pinjaman online) atau malah khawatir dan tidak percaya dengan pinjol yang tidak resmi.
Berikut rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk pengajuan pinjaman modal usaha baru anda.
Selain pinjaman online resmi yang terpercaya maupun perbankan, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman yang satu ini.

Fasilitas pinjaman dari Pegadaian.

Fasilitas pinjaman Modal dari Pegadaian.
Pegadaian merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyaluran kredit untuk masyarakat berdasarkan hukum gadai, dengan tujuan ikut serta mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Sejarah berdirinya Pegadaian

Pegadaian pertama kali berdiri di daerah Sukabumi _Jawa Barat pada tanggal 1 April 1901.

Dilansir dari pegadaian.co.id
Awal mula pegadaian adalah saat VOC mendirikan Bank Van Leening pada tahun 1746 sebagai lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai.

Kemudian di tahun 1811 Pemerintah Inggris mengambil alih dan membubarkan Bank Van Leening, di era pemerintahan Inggris masyarakat di beri keleluasaan mendirikan usaha pergadaian.
Sampai sekarang perusahaan Negara ini telah berkembang dan memiliki berbagai macam jenis produk pinjaman yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya akan sangat membantu kebutuhan Masyarakat.

Namun sebelum Anda memanfaatkan pegadaian untu piinjaman modal ,kenali terlebih dahulu istilah - istilah dalam pegadaian.

Berikut beberapa istilah di Pegadaian :

1. Gadai

Gadai adalah pinjaman dengan barang jaminan yang dititipkan ke Pegadaian. Jadi, Anda bisa mendapat pinjaman berdasarkan dengan nilai barang jaminan, kemudian barang jaminan tersebut dititipkan di Pegadaian dan bisa diambil lagi setelah melakukan pelunasan. Di Pegadaian, gadai diberi nama Kredit Cepat Aman atau kerap disingkat menjadi Gadai KCA.

2. Sewa Modal

Jika di bank kita mengenal bunga pinjaman, maka di Pegadaian, hal itu disebut dengan istilah sewa modal. Sewa modal di Pegadaian menggunakan skema per 15 hari kalender yang besarnya tergantung dengan uang pinjaman. Besarnya sewa modal terbesar adalah 1.2% tiap 15 hari kalender untuk gadai reguler

3. Jangka waktu gadai di Pegadaian

Sistem jangka waktu di Pegadaian untuk gadai sebenarnya fleksibel. Anda bisa melunasi gadai sewaktu-waktu. Namun, Anda harus memperpanjang masa gadai setiap 120 hari kalender atau sekitar 4 bulan. Setelah diperpanjang, maka barang jaminan gadai tetap aman dan terhindar dari proses lelang.
Dengan sistem ini Anda bisa mengajukan modal

4. Cicil, Perpanjang, dan Tebus Gadai

Sistem pembayaran gadai ada berbagai cara yaitu dengan cara cicil, perpanjang, dan tebus gadai. Cicil gadai adalah membayar cicilan gadai dengan nominal semampu Anda dan bisa dilakukan kapan saja yang akan mengurangi uang pinjaman Anda. Sedangkan perpanjang gadai biasanya dilakukan setiap 120 hari untuk memperpanjang masa gadai dengan membayarkan sewa modal agar barang jaminan tidak dilelang. Karena hanya membayar sewa modal saja, maka uang pinjaman tetap. Tebus gadai adalah melunasi uang pinjaman dan sewa modalnya agar barang jaminan bisa dibawa pulang kembali.

5. Taksiran

Saat Anda membawa barang jaminan ke Pegadaian untuk digadai, maka petugas Pegadaian akan menaksir barang jaminan tersebut. Menaksir bertujuan untuk mengetahui nilai barang jaminan. Setelah ditaksir, akan ditentukan nilai uang pinjaman maksimal yang bisa diambil.

6. Uang Pinjaman

Uang pinjaman adalah uang yang dipinjam Anda sesuai dengan nilai dari barang jaminan yang dibawa ke Pegadaian. Anda tidak harus selalu mengambil pinjaman maksimal dari taksiran barang jaminan, tapi bisa juga mengambil dibawah nilai maksimal pinjaman sesuai kebutuhan. Ada pilihan untuk menerima uang pinjaman secara tunai atau ditransfer ke nomor rekening Anda.

7. Formulir Permintaan Kredit (FPK)

Saat masuk ke Pegadaian untuk menggadai, Anda akan diarahkan oleh petugas satpam kami untuk mengisi formulir bernama Formulir Permintaan Kredit atau FPK. Formulir ini diisi oleh Anda dengan data diri termasuk nama, nomor KTP, dan sebagainya untuk diserahkan ke petugas pelayanan bersama dengan barang jaminannya.

8. Surat Bukti Gadai (SBG)

Setelah mengisi FPK dan menyerahkan barang jaminan ke petugas pelayanan, barang jaminan akan ditaksir dan ditentukan uang pinjaman maksimal. Petugas akan mengkonfirmasi lagi uang pinjaman yang Anda perlukan. Anda tinggal menunggu sebentar untuk mendapatkan Surat Bukti Gadai (SBG) dan menerima uang pinjaman. Jangan sampai menghilangkan SBG ya. Karena SBG ini menjadi dokumen yang perlu dibawa jika Anda mau melakukan cicil, perpanjang, dan tebus gadai di outlet Pegadaian terdekat. Pada SBG, ada informasi mengenai data diri Anda dan juga informasi mengenai tanggal perpanjangan gadai dan tanggal lelangnya.

9. Customer Information File (CIF)

Customer Information File (CIF) adalah nomor nasabah yang memuat identitas serta riwayat transaksi di Pegadaian. Bisa dibilang, nomor ini merupakan nomor identitas Anda di Pegadaian. Untuk tahu CIF Anda, Anda bisa melihat di SBG atau di aplikasi Pegadaian Digital.

10. Pegadaian Digital

Saat ini Pegadaian juga merambah ke transaksi digital melalui aplikasi Pegadaian Digital. Pegadaian Digital memungkinkan Anda bertransaksi tanpa perlu datang ke outlet Pegadaian seperti transaksi Pegadaian Tabungan Emas, pembayaran cicilan gadai, bayar tagihan, pembelian pulsa, dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di Playstore maupun Appstore.

Setelah paham berbagai istilah gadai ini, Anda tentunya kini sudah tidak ragu untuk datang ke Pegadaian.
Setelah kita tahu istilah pegadaian diatas, untuk memudahkan Anda dalam menentukan pengajuan modal dipegadaian ,berikut daftar jenis dan cara mengajukan pinjaman di Pegadaian

Daftar jenis dan cara pengajuan pinjaman di Pegadaian :

Pegadaian memberikan permodalan
Melalui beberapa jenis pinjaman modal berikut yang bisa anda manfaatkan ,Agar usaha atau bisnis yang sedang Anda cita - citakan bisa segera Anda wujudkan.
Tentunya dengan pertimbangan - pertimbangan bisnis.
Jenis pinjaman dibawah juga sangat rekomend bagi bisnis berbasis UKM (Usaha Kecil Menengah), ataupun UMKM.

1. Produk KCA (Kredit Cepat dan Aman)
Kredit Cepat dan Aman (KCA)

Produk dari Pegadaian yang bernama KCA ini merupakan produk pinjaman sistem gadai yang diperuntukkan kepada semua nasabah, baik itu untuk kebutuhan konsumtif ataupun produktif.
KCA adalah solusi terpercaya bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman dengan cara mudah, aman, serta cepat. Untuk produk ini sendiri, nasabah diharuskan untuk membawa agunan berupa barang berharga atau surat penting kendaraan, seperti perhiasan emas, emas batangan, mobil, motor, laptop, ponsel, dan barang elektronik lain.

Keunggulan Produk KCA Pegadaian

a. Produk KCA ini memliki layanan lebih dari 4.400 outlet Pegadaian di seluruh pelosok Indonesia.

b. Memiliki Prosedur singkat, dan mudah.
Prosedur yang dijalankan KCA bisa dibilang sangat mudah, nasabah hanya cukup membawa agunan atau jaminan ke outlet.

c. Cepat Cair.
Proses pencairan tidak memakan waktu yang lama, kurang lebih 15 menit dana yang diajukan akan cair.

d. Pinjaman fleksible
Pinjaman bisa dari Rp50 ribu hingga Rp500 juta lebih tergantung kepada agunan yang telah diajukan pihak nasabah. Maksimal uang pinjaman Rp5 miliar.

e. Waktu pinjaman fleksible
Jangka waktu pinjaman paling lama hanya 4 bulan atau 120 hari, serta dapat diperpanjang dengan hanya membayar sewa modal saja atau bisa disebut dengan mengangsur sebagian uang pinjaman.

f. Bebas waktu pelunasan
Pelunasan bisa dilakukan kapan saja tanpa adanya batasan waktu.

g. Tidak perlu membuka rekening.

h. Nasabah mendapatkan pinjaman berbentuk uang tunai.

i. Bunga ringan
Sewa modal (bunga) yang diberikan mulai dari 0,75% per 15 hari.

j. Hemat biaya
Biaya administrasi Rp2.000-Rp125.000

Syarat Mengajukan KCA :

a. Syarat mudah
Menyerahkan agunan atau jaminan berupa barang berharga (misalnya emas).

b. Fotokopi KTP ataupun identitas diri lainnya.

c. Jika agunan tersebut berupa kendaraan, maka harus membawa BPKB dan STNK asli.

d. Nasabah harus menandatangani SBK (Surat Bukti Kredit).


2. Produk Krasida pegadaian (Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai)

Kredit Angsuran dari pegadaian selanjunya adalah
Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai (Krasida)
Produk Krasida (kredit angsuran bulanan) diperuntukkan bagi mereka pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk tujuan pengembangan usaha. Dengan adanya produk ini, nasabah akan mendapatkan pinjaman berupa uang tunai dengan sistem gadai, namun pembayarannya dengan sistem kredit.
Keunggulan Produk Krasida dari pegadaian

a. Proses mudah, kredit dapat cair dalam rentan waktu tidak lebih dari 1 minggu saja.

b. Membawa agunan berupa emas atau kendaraan bermotor, seperti mobil

c. Pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp250 juta (tergantung agunan). Maksimal Rp5 miliar.

d. Pinjaman mencapai 95% dari nilai taksiran agunan.

e. Tarif sewa modal (bunga) mulai 1,25% per bulan

f. Jangka waktu cukup fleksibel mulai dari 6, 12, 24, atau 36 bulan.

g. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal.

h. Krasida bisa diajukan di seluruh outlet pegadaian di kota Anda.

i. Biaya administrasi Rp10.000-Rp100.000

Syarat Mengajukan Krasida

a. Fotokopi KTP dan KK (Kartu Keluarga).
b. Menyerahkan jaminan atau agunan.
c. Untuk agunan berupa kendaraan bermotor, dilengkapi dengan dokumen kepemilikan (BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian).

3. Produk Kreasi (Kredit Angsuran Sistem Fidusia) pegadaian

Kredit Angsuran Sistem Fidusia (Kreasi)
Produk Kreasi merupakan kredit dengan asuransi bulanan bagi pelaku UKM untuk pengembangan usaha dengan sistem fidusia. Sistem fidusia berarti agunan untuk pinjaman cukup dengan BPKB, sehingga kendaraan masih bisa digunakan untuk usaha. Kreasi merupakan solusi untuk mendapatkan fasilitas kredit yang cepat, mudah, dan murah.

Keunggulan Produk Kreasi pegadaian:

a. Agunan cukup BPKP kendaraan bermotor.
b. Pinjaman mulai dari Rp1 juta sampai Rp200 juta. Maksimal Rp400 juta
c. Jangka waktu fleksibel mulai dari 12, 18, 24, dan 36 bulan
d. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal
e. Proses kredit hanya butuh 3 hari, dan dana dapat segera cair.
f. Sewa Modal (bunga pinjaman) relatif murah dengan angsuran tetap per bulan.

Syarat Mengajukan Kreasi pegadaian :

a. Memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan serta telah berjalan 1 tahun
b. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Nikah (jika sudah menikah)
c. Menyerahkan dokumen yang sah
d. Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian).

4. Produk KCA Prima dari pegadaian

Pegadaian KCA Prima
Adalah fitur kredit cepat dan aman yang menjadi solusi tepat untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga 0% dan jangka waktu hingga 60 hari. Tenor ini bisa diperpanjang

Keunggulan:

a. Pinjaman bebas bunga 0%
b. Pinjaman mulai dari Rp50 ribu-Rp500 ribu
c. Agunan emas perhiasan, mobil, laptop, televisi, motor, ponsel, radio, dan kamera
d. Proses cepat, mudah, dan aman
e. Pinjaman jangka pendek dengan tenor 1-60 hari, dan dapat diperpanjang
4. Biaya administrasi dari Rp2.000-Rp5.000.
5. Bisa diperoleh di seluruh outlet Pegadaian

Syarat mengajukan KCA Prima pegadaian :

a. Melampirkan e-KTP/non e-KTP yang terdapa di Dukcapil
b. Tidak perlu Kartu Keluarga
c. Nasabah dalam satu KK yang sama hanya dapat memperoleh 1 kali periode kredit
d. Khusus pelajar atau mahasiswa kurang dari usia 30 tahun dapat mengajukan pinjaman sendiri.

5. Produk Kreasi Fleksi dari pegadaian

Pegadaian Kreasi Fleksi
Memberi kemudahan layanan kredit dengan pola angsuran pembayaran fleksibel bagi nasabah petani dan non-petani
Keunggulan:

a. Agunan kendaraan bermotor, emas, alat produksi, persediaan
b. Pinjaman mulai dari Rp1 juta-Rp400 juta
c. Bunga mulai dari 5,5%-11-30%
d. Jangka waktu 3 bulan-36 bulan
e. Sistem pembayaran dapat dibayar 1 kali maupun angsuran secara berkala per 3, 4, 6 bulan.
f. Tersedia di seluruh outlet Pegadaian

Syarat mengajukan Kreasi Fleksi:

a. Untuk masyarakat petani dan non-petani
b. Fotokopi KTP dan KK
c. Memiliki agunan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian) atau bukti faktur pembelian barang.

6. Pegadaian Rahn

Jenis pinjaman modal dari pegadaian yang satu ini sangat Cocok bagi Anda yang menginginkan Konsep bisnis Syariah
Pegadaian Rahn (gadai syariah)
Adalah gadai syariah untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan berupa emas perhiasan, emas batangan, berlian, ponsel pintar, laptop, barang elektronik lain, motor, mobil atau barang bergerak lain.
Keunggulan:

a. Terdapat di lebih dari 600 outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia
b. Prosedur pinjaman cepat, hanya butuh 15 menit.
c. Pinjaman (Marhun Bih) mulai dari Rp50 ribu-Rp500 juta atau lebih
d. Tenor 4 bulan dan dapat diperpanjang berkali-kali
e. Tanpa harus membuka rekening
f. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan Mu’nah selama masa pinjaman
g. Pinjaman dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening nasabah
h.
Tarif ijaroh berkisar dari 5% (APR minimum) hingga 7% APR (APR maksmimum) per tahun.

Syarat mengajukan Pegadaian Rahn:

a. Fotokopi KTP
b. Memiliki barang jaminan
c. Untuk agunan kendaraan bermotor, membawa BPKB dan STNK asli.
d. Nasabah menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR).
Untuk informasi lengkap mengenai produk pinjaman dan non-pinjaman di Pegadaian, Anda bisa datang langsuung ke outlet pegadaian atau bisa menghubungi call center di nomor 1500569
Pilihlah produk pinjaman mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda sekarang.
Baca juga :11 Pilihan Peluang Bisnis  dan tip bisnis ditengah Krisis Ekonomi
Itu lah tadi beberapa rekomndasi pinjaman modal usaha untuk Anda yang bisa Qiblatbisnis bagikan, semua jenis gadai atau pinjaman modal bisa diakses melalui portal pegadaian.co.id
semoga bermanfaaat
Salam sukses.

0 Response to "Bingung Cari Modal Usaha? Manfaatkan jenis pinjaman di Pegadian, cara untuk dapatkan Modal Usaha Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel