7 Tips Menghadapi sesi Wawancara Kerja Agar sukses.
7 Tips Menghadapi sesi Wawancara Kerja Agar sukses.
Bagi Anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan atau baru saja lulus dari perguruan tinggi (fresh graduate), mungkin pilihan yang paling banyak adalah mencari pekerjaan,atau mungkin memilih menjadi wirausaha muda
Untuk yang memilih mencari kerja, kami sampaikan selamat datang di dunia kerja.
Hal pertama yang pasti Anda lakukan pasti adalah mencari pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang dimiliki,setelah itu baru memutuskan dimana anda akan bekerja.
Hal kedua Adalah melamar kerja,disini yang terkadang para pencari kerja kurang memperhatikan bagaimana cara agar bisa diterima bekerja di salah satu perusahaan yang anda minati.
Dalam proses melamar pekerjaan tentu Anda akan melewati berbagai tahapan,tahapan yang dinilai paling mempengaruhi diterima atau tidaknya lamaran kerja adalah tahap wawancara.
Ada beberapa cara yang harus disiapkan untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan saat interview atau wawancara kerja tersebut.
Ketika menghadapi interview, para pelamar pekerjaan akan ditanya seputar pengalaman dan prestasi yang selama ini telah dicapai.
Ternyata berbekal ilmu akademi saja tidaklah cukup.
Ada beberapa hal yang harus diketahui pelamar (fresh graduate) dalam menghadapi wawancara agar tetap tenang menghadapinya.
Jawaban yang telah dipersiapkan matang dalam kepala pun berantakan jika dalam keadaan tidak tenang atau gugup.
Ketenangan akan berpengaruh besar dalam kesuksesan wawancara.
Selain itu, bawalah beberapa
back up lembar CV atau resume dan portofolio.
Hal ini perlu untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu diminta oleh perusahaan pada tahap awal pendaftaran.
Hal ini juga bisa memperlihatan jika Anda memang siap dan serius dalam melamar pekerjaan.
Dilansir dari jadikaryawan.com
Hal Penting lainya untuk pelamar kerja, mempersiapkan materi berupa profil perusahaan ,bidang yang dikonsentrasikan perusahaan dan isu seputar perusahaan.
Untuk mencari info seputar profil perusahaan lakukanlah riset sederhana, misalnya dengan browsing di internet ,atau bisa klik disini
untuk mencari tahu reputasi perusahaan di mata publik, proyek unggulan, serta kinerja perusahaan.
Posisi duduk tegak dan tenang merepresentasikan kepercayaan diri pelamar.
Gerakan jabat tangan yang tegas mengesankan sikap yakin.
Pastikan jabatan tangan tidak terlalu kuat atau lemas, dan sertakan kontak mata dan senyuman.
Perlu diketahui, gerakan menyentuh hidung dan bagian wajah kerap menimbulkan kesan tidak percaya diri.
Hindari menggunakan phosel saat wawancara,ini akan menimbulkan kesan tidak menghormati.
Untuk Anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan atau baru saja lulus dari perguruan tinggi, mungkin pilihan yang paling banyak adalah mencari pekerjaan,atau mungkin memilih menjadi wirausaha muda.
Untuk yang memilih mencari kerja, kami sampaikan selamat datang di dunia kerja.
Hal pertama yang pasti Anda lakukan pasti adalah mencari pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang dimiliki,setelah itu baru memutuskan dimana anda akan bekerja.
Hal kedua Adalah melamar kerja,disini yang terkadang para pencari kerja kurang memperhatikan bagaimana cara agar bisa diterima bekerja di salah satu perusahaan yang anda minati.
Dalam proses melamar pekerjaan tentu Anda akan melewati berbagai tahapan,tahapan yang dinilai paling mempengaruhi diterima atau tidaknya lamaran kerja adalah tahap wawancara.
Ada beberapa cara yang harus disiapkan untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan saat interview atau wawancara kerja tersebut.
Ketika menghadapi interview, para pelamar pekerjaan akan ditanya seputar pengalaman dan prestasi yang selama ini telah dicapai.
Ternyata berbekal ilmu akademi saja tidaklah cukup.
Ada beberapa hal yang harus diketahui pelamar (fresh graduate) dalam menghadapi wawancara agar tetap tenang menghadapinya.
Jawaban yang telah dipersiapkan matang dalam kepala pun berantakan jika dalam keadaan tidak tenang atau gugup.
Ketenangan akan berpengaruh besar dalam kesuksesan wawancara.
Berikut hal-hal penting yang perlu Anda ketahui agar sukses dalam sesi wawancara bagi para pelamar kerja / fresh graduate supaya H.R.D( Human Resource Departemen) bisa terkesan dan puas dengan Anda:
1. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Wawancara.
Ini akan penting bagi pelamar untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan menuju tahap wawancara. Bukan hanya materi, tapi penampilan dan juga energi .
Berpakaianlah yang rapi, dan terlihat energik , sebab ini juga salah satu bahasa nonverbal yang penting.
impresi pertama bagi pelamar ditentukan oleh penampilan yang rapi dan sesuai.
Berpakaianlah yang rapi, dan terlihat energik , sebab ini juga salah satu bahasa nonverbal yang penting.
impresi pertama bagi pelamar ditentukan oleh penampilan yang rapi dan sesuai.
Selain itu, bawalah beberapa
back up lembar CV atau resume dan portofolio.
Hal ini perlu untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu diminta oleh perusahaan pada tahap awal pendaftaran.
Hal ini juga bisa memperlihatan jika Anda memang siap dan serius dalam melamar pekerjaan.
2. Disiplin.
Dengan datang tepat waktu dalam sesi wawancara Anda sudah bisa menunjukan Kedisiplinan, ini akan menjadi tambahan nilai bagus.
karena Kedisiplinan akan selalu menjadi tolok ukur integritas pelamar.
Akan lebih baik , Anda tiba di lokasi 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Keterlambatan harus dihindari,demi menghindari situasi canggung .
Rasa canggunh pada wawancara akan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga ahirnya Anda gugup untuk menghadapi sesi wawancara.
Dengan datang tepat waktu dalam sesi wawancara Anda sudah bisa menunjukan Kedisiplinan, ini akan menjadi tambahan nilai bagus.
karena Kedisiplinan akan selalu menjadi tolok ukur integritas pelamar.
Akan lebih baik , Anda tiba di lokasi 15 menit sebelum waktu yang ditentukan. Keterlambatan harus dihindari,demi menghindari situasi canggung .
Rasa canggunh pada wawancara akan menimbulkan rasa tidak nyaman hingga ahirnya Anda gugup untuk menghadapi sesi wawancara.
3. Pelajari profil perusahaan.
Mempelajari profil Perusahaan bertujuuan Agar Anda mengenal perusahaan yang anda tuju atau minati.
Dalam sesi Wawancara H.R.D
( Human Resources Department ) yang Anda hadapi kemungkinan akan memberikan debuah pertanyaan seputar profil perusahaan, hal ini bertujuan mencari tahu seberapa tertarik Anda terhadap perusahaan tersebut.
Mempelajari profil Perusahaan bertujuuan Agar Anda mengenal perusahaan yang anda tuju atau minati.
Dalam sesi Wawancara H.R.D
( Human Resources Department ) yang Anda hadapi kemungkinan akan memberikan debuah pertanyaan seputar profil perusahaan, hal ini bertujuan mencari tahu seberapa tertarik Anda terhadap perusahaan tersebut.
Dilansir dari jadikaryawan.com
Hal Penting lainya untuk pelamar kerja, mempersiapkan materi berupa profil perusahaan ,bidang yang dikonsentrasikan perusahaan dan isu seputar perusahaan.
Untuk mencari info seputar profil perusahaan lakukanlah riset sederhana, misalnya dengan browsing di internet ,atau bisa klik disini
untuk mencari tahu reputasi perusahaan di mata publik, proyek unggulan, serta kinerja perusahaan.
4. Ketahui potensi diri.
Seorang H.R.D pasti Akan menanyakan perihal diri Anda dari Hobi,dan kebiasaan Anda.
Hal ini bertujuan untuk menggali seperti apa potensi yang ada dalm diri Anda.
jadi Anda tidak perlu ragu untuk terbuka tentang hobi serta kegiatan yang Anda tekuni.
Kemukakakan seluruh potensi Anda dan kaitkan dengan hal apa yang bisa kamu lakukan atau kembangkan.
presentasikan diri Anda agar perusahaan yakin akan kemampuan yang Anda miliki.
Hal ini bertujuan untuk menggali seperti apa potensi yang ada dalm diri Anda.
jadi Anda tidak perlu ragu untuk terbuka tentang hobi serta kegiatan yang Anda tekuni.
Kemukakakan seluruh potensi Anda dan kaitkan dengan hal apa yang bisa kamu lakukan atau kembangkan.
presentasikan diri Anda agar perusahaan yakin akan kemampuan yang Anda miliki.
5. Melatih gestur tubuh.
Gestur atau bahasa tubuh adalah cerminan karakter pelamar, latihlah gestur Anda dari cara posisi duduk, cara berjabat tangan, menghindari gerakan menyentuh hidung dan bagian wajah, serta melakukan kontak mata adalah hal-hal yang harus diperhatikan.
Posisi duduk tegak dan tenang merepresentasikan kepercayaan diri pelamar.
Gerakan jabat tangan yang tegas mengesankan sikap yakin.
Pastikan jabatan tangan tidak terlalu kuat atau lemas, dan sertakan kontak mata dan senyuman.
Perlu diketahui, gerakan menyentuh hidung dan bagian wajah kerap menimbulkan kesan tidak percaya diri.
Menjalin kontak mata dengan lawan bicara mengesankan antusiasme dan keterlibatan dalam pembicaraan.
Hindari menggunakan phosel saat wawancara,ini akan menimbulkan kesan tidak menghormati.
6.Percaya Diri.
Percaya diri ,Anda tidak perlu merasa rendah diri meski Anda adalah pemula dala hal melamar kerja,tunjukkan sikap dan kemukakan jawaban yang meyakinkan adalah cara-cara untuk menghadapi interview atau wawancara kerja dengan baik ,Hal diatas hanya bisa didapat dengan rasa Percaya Diri.
7. Berdoa.
Berdoalah sebelum menghadapi sesi Wawancara , dengan berdoa Anda ingsaAllah akan diberikan ketenangan,dan dapat melewati sesi Wawancara dengan lancar dan diterima kerja di perusahaan yang Anda minati.
Demikian 7 Tips Agar sukses dalam sesi Wawancara kerja , semoga bisa membantu Anda dalam proses Mencari Pekerjaan.
selamat mencoba dan semoga sukses bersama Anda.
selamat mencoba dan semoga sukses bersama Anda.
ok makasih
ReplyDeleteNice gan
ReplyDelete