11 Pilihan Peluang Usaha yang bisa berkembang dan bertahan di tengah resesi atau krisis ekonomi beserta Alasanya

11 Pilihan Peluang Usaha yang bisa berkembang dan bertahan di tengah resesi atau krisis ekonomi beserta Alasanya.
Adakah peluang usaha yang mampu bertahan ditengah resesi dan krisis ekonomi?

Berbagai lembaga survey Ekonom memproyeksikan bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh negatif pada kuartal II dan III di 2020 secara berturut-turut.

Diprediksikan jika Indonesia diambang resesi.
Tentunya hal yang demikian menjadi sebuah ancaman bagi para pekerja milenial baik di sektor formal maupun informal.
Resesi dapat berdampak pada perusahaan melakukan efisiensi besar-besaran tentunya perusahaan akan mengambil langkah penyelamatan dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ,hal ini akan berdampak pada para pekerja formal.
Dan bagi pekerja informal ,adanya masa resesi pastinya berpengaruh pada pendapatan yang terganggu karena menurunnya permintaan dari berbagai sektor.

Ditengah situasi yang seprti terombang - ambing ketidakpastian ,apalagi dengan adanya wabah Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya.
Terjadinya resesi ekonomi dunia sepertinya akan sulit untuk dihindari, dan tentunya akan membuat dunia bisnis kian lesu.
Namun, jangan panik dengan prediksi diatas, karena dibalik semuanya itu ternyata ada beberapa peluang usaha atau bisnis yang bisa kita mulai dan tahan akan krisis jika kita lihat dengan jeli ada beberapa peluang bisnis yang cukup memiliki prospek ,bahkan bisa lebih berkembang disituasi krisis.

Pluang Usaha apa saja yang masih Exis ditengah krisis dan resesi ekonomi dunia?

Berikut informasi tentang bisnis atau peluang usaha yang mampu bertahan ditengah resesi.
Semoga bisa menjadikan Anda termotivasi untuk memulai bisnis ditengah kondisi seperti sekarang ini.

Mungkinkah memulai Usaha ditengah krisis?

Yah, Mungkin Anda akan berfikir lebih untuk menentukan memulai usaha saat krisis ekonomi ,bahkan membuat siapapun ragu atau bahkan berfikir tidak mungkin, Namun satu hal yang harus Anda ingat, dalam kondisi apapun sebetulnya selalu ada peluang untuk memulai usaha asalkan Anda jeli membaca situasi dan yakin akan rezeki yang sudah ditetapkan Tuhan untuk kita.

Nah,, berikut ini beberapa pilihan peluang usaha dan Alasan kenapa Anda harus memulai Usaha yang layak dicoba di tengah krisis :

Ada sejumlah peluang usaha dan investasi yang bisa dimanfaatkan untuk tetap bertahan di tengah kelesuan ekonomi.
Kita harus pintar-pintar melihat alternatif usaha baru saat resesi , dengan menyasar sektor yang berpotensi tetap tumbuh.
Misalnya ; sektor kebutuhan primer mulai dari makanan hingga peralatan komunikasi, sektor kesehatan ,dan sektor jasa baik online maupun ofline.

Berikut ini 11 pilihan peluang usaha yang layak dicoba di tengah resesi dan krisis ekonomi.

11 Pilihan Peluang Usaha yang bisa berkembang dan bertahan di tengah resesi atau krisis ekonomi beserta Alasanya :

1. KULINER
Inilah bisnis yang dianggap paling kebal dan bisa bertahan sekalipun krisis ekonomi menghadang. Alasannya tentu sangat jelas, setiap orang butuh makan sehingga dunia kuliner tidak akan pernah kehilangan konsumen.

Bagi pemula yang ingin memulai usaha di saat krisis, Usaha kuliner jadi pilihan paling tepat disamping tidak membutuhkan modal besar, tenaga kerja pun tidak terlalu banyak.
Bisnis dibidang kuliner juga memiliki kelebihan perputaran uang yang relatif cepat.
Untuk mempelajari tehnik pemasaran ditengah krisis Baca selengkapnya...

2. USAHA FOTOKOPI DAN ATK
Usaha fotokopi dan ATK memang terbilang cukup menggiurkan, terutama jika melihat omzetnya yang cukup menjanjikan, apalagi jika dukungan lokasi usaha berada di kawasan pendidikan maupun perkantoran.
Pasalnya, banyak orang yang tentunya memerlukan jasa fotokopi, print, kebutuhan sekolah, dan kebutuhan alat tulis lainnya untuk menunjang urusan sekolah maupun perkantoran.

Jenis usaha satu ini bukan hanya menguntungkan, tetapi juga tahan krisis.
Karena kebutuhan akan alat-alat tulis tentunya masih akan sangat diperlukan oleh masyarakat.

3. BISNIS DI BIDANG TEKNOLOGI DAN INFORMASI
Bisnis ini juga terbilang bisnis Anti krisis sebab, laju perkembangan teknologi tentunya tidak akan surut. Penggunaan komputer dan internet tentunya masih sangat dibutuhkan pada masa krisis.
Bahkan, alih-alih mengalami penurunan, industri ini justru mengalami pertumbuhan di saat krisis. Bukan hanya industrinya saja yang tahan krisis, orang-orang yang menawarkan jasa atau keahlian dalam bidang ini, seperti programmer , data scientist , dan lain sebagainya, masih dan akan terus menjadi salah satu pencarian terbanyak.

Contohnya saja, dalam kondisi adanya wabah Covid-19 ini yang mengharuskan para siswa dan guru menggunakan metode daring, hingga bisnis ini tetap bertahan untuk memenuhi kebutuhan para siswa untk mendukung proses belajarnya.

4. TOKO KELONTONG / WARUNG SEMBAKO
Jangan Anggap sebelah mata bisnis ini,
Memiliki warung sembako atau toko kelontong merupakan salah satu usaha paling kebal terhadap krisis, Bagaimana tidak?
Dalam kondisi dan keadaan apapun, orang-orang tentu masih harus memenuhi kebutuhan dasar mereka terutama dalam hal makanan pokok, seperti beras, minyak, lauk pauk, dan lain sebagainya.

Hal ini lah yang membuat bisnis Warung kelontong bisa dibilang bisnis Abadi.
Kendati terjadi fluktuasi harga komoditas karena faktor persediaan dan permintaan, namun hal itu tak akan menjadi persoalan besar hingga membuat usaha sektor ini pailit. Anda hanya cukup mengelola keuangan dengan cermat, terutama mengelola modal kerja agar dapat mengambil peluang ketika harga sedang turun dan bisa tetap bertahan ketika harga bahan pokok sedang melonjak.

5. BISNIS INVESTASI EMAS
Investasi dengan cara Membuka toko emas atau menjual emas simpanan Anda memang salah satu peluang usaha yang anti krisis.
Alih-alih terkena dampak ekonomi, karena pelemahan nilai tukar rupiah, justru harga emas akan melonjak pesat dan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Anda.
Banyaknya platform yang menawarkan investasi juga menjadi nilai lebih bisnis investasi ini.
Jadi, tak ada salahnya untuk Anda mulai berinvestasi emas dari sekarang.
COBA GERATIS DISINI

6. LAYANAN KESEHATAN
Sektor penting yang mengakomodasi kebutuhan dasar manusia adalah layanan kesehatan.
Pada saat krisis karena dampak covid seperti sekarang ini, layanan kesehatan tetap berjalan dan melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan.
Bukan hanya rumah sakit, layanan kesehatan lainnya seperti jasa konsultasi kesehatan dan panti jompo pun akan tetap bisa bertahan.

7. BENGKEL SEPEDA DAN KENDARAAN BERMOTOR
Peluang usaha yang bisa Anda coba agar terhindar dari adanya krisis dan resesi ekonomi adalah bengkel kendaraan bermotor.
Bukan hanya bengkel berkantor besar, bengkel-bengkel kecil di pinggir jalan pun tak akan terpengaruh oleh adanya resesi ekonomi. Mengingat semakin banyaknya angka kendaraan yang ada, peluang usaha ini membutuhkan keterampilan khusus.
Karena tidak semua orang bisa mengoperasikan atau mereparasi kendaraan bermotor mereka, maka tak heran, banyak orang akan rela antri agar kendaraan mereka bisa diperbaiki.

terlbih dengan tren bersepeda saat ini yang hampir setiap orang memiliki sepeda, hal itu tentuny juga menjadi peluang usaha yang memiliki prospek cerah.
Anda hanya dituntut untuk meningkatkam layanan dan profesionalisme bisnis bengkel Anda agar bisa tetap bersaing.

8. BISNIS PENDIDIKAN
Kebutuhan dasar dan paling fundamental dari manusia ada dalam sektor pendidikan.
Hingga saat ini, bisnis pendidikan kian mengalami pertumbuhan ,tentunya akan semakin tinggi juga angka kebutuhan akan tenaga pengajar.
Menilik pentingnya pendidikan dalam kehidupan manusia, bisnis ini tak akan rapuh karena adanya resesi ekonomi. Anda juga bisa membuka jasa pendidikan lewat e-learning.

9. DEPOT AIR MINUM DAN GAS ELPIJI
Air minum dan gas elpiji memang menjadi dua hal yang sangat penting untuk be4langsungnya kehidupan.
Saat ini, banyak yang mendirikan usaha depot air minum atau gas elpiji karena modal yang perlu dirogoh pun terbilang sangat terjangkau.
Tak perlu takut bisnis tersendat saat resesi ekonomi, bisnis ini terbilang cukup berkelanjutan karena orang-orang pasti akan tetap mencari air minum maupun gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan mereka.

10. AKUNTAN DAN AUDITOR
Walau ekonomi tengah mengalami krisis, namun pajak dan audit tak bisa dihindari dan tak akan pernah hilang.
Justru, akan makin banyak perusahaan atau pihak yang membutuhkan jasa akuntan dan auditor untuk membantu hitung-hitungan bisnis agar bisa tetap efektif.

11. JASA PEMBAYARAN ONLINE
Ingin membuka bisnis yang minim modal ditengah resesi dan tak perlu outlet khusus, maka jasa pembayaran online adalah pilihan terbaik untuk mulai digeluti saat krisis ekonomi.
Kendati keuntungan per layanan tidak terlalu besar, tapi semakin banyak transaksi yang dilakukan, jelas akan membuat penghasilan melimpah. Apalagi saat ini dengan perkembangan internet, makin banyak distributor penyedia jasa pembayaran melalui online.

12. Bisnis Investasi
Investasi bisa dalam bentuk apa saja, bisa dalm bentuk Tanah, properti, Saham dan kripto.
Bahkan bisnis Investasi sekarang ini, bisa dilakukam hampir setiap orang, digitalisasi memudahkan kita mulai berinvestasi pada pasar saham dan juga cryptocurrency.
Anda juga sudah bisa menjadi seorang investor hanya dengan modal kecil, anda bisa mencoba Aplikasi Ajaib untuk membeli sebuah saham, jika Anda mendaftar menggunakan link dan memasukan kode referal " nhya611

Distributor-distributor itu bahkan menawarkan beragam jenis transaksi mulai dari pengisian pulsa elektrik dan intenet, pembayaran tagihan kendaraan bermotor dan iuran lainnya, pembelian token listrik, pembelian tiket transportasi umum hingga pengisian saldo e-wallet serta e-money.
Tentunya agar bisnis jasa pembayaran online ini maksimal, Anda haruslah memilih distributor terbaik dan mengelola penghasilan secara efektif.

Itulah tadi 11 pilihan Ide dan peluang Usaha yang akan tetap Exis dan bertahan meskipun ditengah krisis.

Alasan mengapa peluang Bisnis dan usaha diatas bisa betrtahan dalam kondisi krisis ekonomi dan menjadi peluang usaha yang patut untuk di coba saat resesi global, dibawah ini 9 alasan tepat mengapa Anda bisa memulai usaha dimasa krisis atau resesi ekonomi :
1. Semuanya lebih murah
Harga murah ,menjadi Alasan pertama untuk menentukan memulai bisnis.
Ditengah krisis ekonomi terdapat nilai yang sangat besar di pasar dunia.
Ini adalah saat yang tepat untuk berbisnis di segala aspek, dari lahan atau tempat,peralatan sampai sewa ruang perkantoran, tenaga kerja dan buruh. Ketika nilai aset menurun, maka tidak ada waktu yang lebih baik untuk terjun ke pasar finansial atau real estate, atau alat berat dan konstruksi.

2. Dapat dengan mudah mendapatkan tenaga Ahli yang berkualitas.
Banyaknya tenaga Ahli yang terdampak resesi global menjadi Alasan tepat selanjutnya untuk memulai sebuah usaha.
Anda bisa mempekerjakan orang yang lebih baik dan berkwalitas
Pada era dimana Microsoft melakukan perampingan, Anda bisa menemukan sumber berharga dengan nilai yang terjangkau. Ingin membuka usaha berteknologi tinggi
Ada banyak insinyur yang menunggu direkrut.

Jika Anda Berencana membuka perusahaan jasa profesional, Ada banyak akuntan dan pengacara yang menunggu kesempatan berikutnya.
Hal diatas tidak lepas dari kondisi kolapsnya perusahaan - perusahaan besar yang mau tidak mau harus meminimalisir anggaran ,sehingga pengurangan tenaga ahli diberlakukan.
Dan ini adalh saat yang tepat untuk merekrut tenaga - tenaga ahli tersebut.

3. Banyak perusahaan ingin mengganti supplier
Menjadi supplier baru ditengah krisis ekonomi
Bagi banyak perusahaan, segala sesuatu yang menyangkut perspektif biaya harus jelas.
Meskipun harga Anda lebih tinggi, tapi jika Anda bisa memberikan nilai yang lebih besar, maka Anda berpeluang untuk memenangkan bisnis.

Anda memiliki keuntungan dengan menjadi pendatang baru yang menunjukkan produk dan jasa Anda.
Jadilah rekanan baru bagi perusahaan baru yang berbeda, dengan cara yang berbeda, lebih baik dan lebih inovatif dalam menyampaikan produk dan jasa.

4. Terbatas(tidak semua orang bisa)
Alasan tepat berikutnya untuk memulai bisnis investasi pada masa resesi adalah
Keluarga atau teman anda mungkin tidak bisa menginvestasikan lebih banyak dana di pasar modal atau real estate
Artinya, mereka hanya bersedia mendanai sebagian usaha baru Anda, atau ekspansi usaha yang sudah terbukti dari waktu ke waktu.
kesempatan Anda untuk menambah modal yang dibutuhkan akan meningkat.

5. Kredit lebih
Supplier akan memberikan kredit yang lebih baik
Karena pasar kredit yang secara virtual tutup, alur kredit B2B membuat sirkulasi menjadi hal yang penting.
Keuntungan utama adalah semua pihak memiliki lebih banyak insentif daripada sebelunya dalam menemukan situasi win-win yang memungkinkan alur kas dan stok. Saat semua orang berupaya untuk bertahan hidup, tawaran besar bisa anda didapatkan.

6. Kemudahan mepublikasi
jika Anda optimis dengan ekspansi atau menjalankan usaha sekarang, Anda berada dalam kategori orang yang berani, Artinya, Anda bisa menunjukkan publikasi yang bagus dengan menunjukkan pandangan alternatif atau peluang baru Anda di pasar .

7. Menemukan tawaran bagus
Saat segala sesuatunya mahal, Anda bisa membeli apapun yang dibutuhkan melalui lelang
Anda bisa menemukan tawaran yang bagus dari lelang, terlebih untuk alat-alat besar dan perlengkapan kantor.
Sistem lelang juga tempat yang baik untuk mendapatan barang yang jarang dipakai atau barang yang digunakan dengan hati-hati seperti perlengkapan restoran dengan harga yang bagus.

8. Mudah mendapatkan win - win
Dengan menyadari adanya peluang baik yang ditawarkan pihak lain, dan mendapatkan penawaran dimana Anda bisa mendapatkan keseluruhan usaha hanya dengan mengambil alih sewa.
Banyaknya pengusaha yang meninggalkan biaya, yang berarti Anda bisa bernegosiasi untuk mendapatkan penawaran win-win.

9. Anda pengangguran.
Keputusan untuk membuka usaha terbaik adalah yang didapat saat keadaan terpojok, kebutuhan akan pendapatan dan biaya hidup  biasanya mendorong seseorang untuk keluar dari zona nyaman.
Krisis dan resesi ekonomi memang merupakan hal yang sangat mengerikan bagi berkembangnya Bisnis.

Tips Mengatur Bisnis Di tengah krisis

Dalam mengelola sebuah usaha atu bisnis ditengah situasi krisis Anda juga di haruskan menerapkan langkah antisipasi bagi keberlangsungan bisnis Anda
Berikut langkah atau tips yang perlu anda lakukan untuk mengatur bisnis mereka selama wabah ini berlangsung agar Bisnis bisa tetap bertahan dan berkembang meskipun dalam keadaan krisis :

1. Utamakan kesehatan
Kesehatan adalah hal terpenting dari kehidupan
Mengingat, krisis ekonomi yang terjadi sekarang dikarenakan wabah virus COVID-19, Anda harus mengutamakan kesehatan Anda dan karyawan. Dengan begitu, bisnis akan tetap berjalan selama Anda dan karyawan sehat.

Regulasi work from home yang disarankan pemerintah bisa menjadi solusi yang tepat sembari didukung dengan komunikasi yang intens dan penggunaan teknologi untuk pengelolaan bisnis, pemantauan data, dan pengambilan keputusan.

2. Buat strategi jangka pendek, menengah, dan panjang
Menurut para pakar manajemen bisnis, setiap bisnis perlu membuat strategi jangka pendek untuk pengoperasian bisnis per hari, jangka menengah untuk menilai masalah yang akan terjadi serta langkah antisipasi dan jangka panjang mengingat, wabah ini akan berdampak pada perekonomian negara yang akan mempengaruhi keadaan bisnis juga.

3. Bangun Komunikasi yang baik
Komunikasi menjadi poin penting yang sangat penting
Komunikasi menjadi salah satu kunci penting dalam pengelolaan bisnis selama krisis berlangsung.
Karena itu, pastikan agar komunikasi Anda dengan rekan kerja lainnya tetap terjaga.
Keberadaan teknologi yang semakin maju membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah termasuk urusan komunikasi.

4. Telaah segala resiko dalam operasional bisnis
Kegiatan operasional menjadi salah satu faktor penting dalam kelangsungan sebuah bisnis.
Dalam krisis, Anda perlu melihat bagian apa saja yang terkena dampak dan merencanakan langkah untuk menjaganya.

5. Melihat peluang baru di masa yang akan datang
Kemungkinan besar kedepan akan terjadi perubahan dalam dunia bisnis.
Akan banyak trial and error yang akan dilakukan guna menemukan cara yang tepat dalam dunia bisnis yang baru.

Untuk itu, para pelaku usaha perlu menganalisis tren yang sedang terjadi agar dapat merumuskan pola bisnis baru yang tepat.

Itulah tadi Beberap peluang usaha beserta alasanya kenapa harusa memulai usaha disaat krisis dan tips agar bisnis bisa bertahan di tengah krisis dan pandemi yang bisa qiblatbisnis sampaikan, semoga bisa menjadi opsi dan motivasi untuk Anda coba.

Dan menjadi sebuah jalan atau solusi melewati krisis ekonomi dengan mudah.
Salam sukses....

0 Response to "11 Pilihan Peluang Usaha yang bisa berkembang dan bertahan di tengah resesi atau krisis ekonomi beserta Alasanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel