Penting!!! Inilah Cara dan Tujuan yang tepat Analisa peluang Usaha atau bisnis
Pentingnya Analisa peluang usaha, cara dan manfaatya bagi kesuksesan Usaha | Qiblat bisnis
Analisis peluang usaha ini terkait erat dengan strategi perusahaan dan ide bisnis yang baru.
• Mencegah kerugian atau kebangkrutan usaha yang akan Anda jalani.
• Mengetahui produk atau jasanya yang dibutuhkan pangsa pasar.
• Mengetahui seberapa besar minat konsumen akan produk atau jasa yang akan Anda ditawarkan.
• Dapat Mengetahui keuntungan dan resiko kerugian ketika berbisnis.
• Dapat dengan tepat Menetapkan teknik pemasaran yang tepat.
Mengetahui berapa lama usaha dapat berjalan.
• Mengetahui kwalitas bisnis Anda.
• Dapat Mengetahui persaingan yang terjadi di pasar.
Kekuatan bisnis atau Analisa usaha bisa diketahui dengan mengajukan berbagai pertanyaan sebagai berikut:
Apa saja keunggulan dari perusahaan?
Apa kelebihan yang dimiliki perusahaan yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing?
Apa saja keunikan perusahaan Anda?
Apa hal utama yang membuat perusahaan sukses dalam penjualan selama ini?
Apa saja keunggulan perusahaan dimata konsumen?
Anda bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa yang bisa diperbaiki oleh perusahaan ?
Apa yang sebaiknya yang harus dihindari oleh perusahaan ?
Faktor apa saja yang membuat penjualan perusahaan menurun?
Apa kelemahan perusahaan dari kacamata konsumen?
Apa saja sepak terjang kompetitor sehingga pesaing lebih baik dari perusahaan Anda?
Kesempatan apa yang dimiliki oleh perusahaan saat ini?
Hal apa yang sedang tren dan sejalan dengan perusahaan Anda?
Apa saja kendala yang dihadapi oleh perusahaan saat ini?
Hal apa yang sedang atau telah dijalankan oleh kompetitor perusahaan?
Kemajuan teknologi apa yang menjadi ancaman untuk perusahaan?
Apa saja peraturan pemerintah baru yang sekiranya akan mengancam kemajuan perusahaan Anda?
Pertanyaan tersebut di atas sangat bermanfaat bagi Anda selaku pemilik bisnis maupun stakeholder untuk menentukan problem yang dihadapi serta solusinya.
Pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dapat menetapkan strategi saat ini maupun di masa mendatang.
Begini Cara dan Tujuan Analisis Peluang Usaha yang Perlu Anda Ketahui!
Bagi setiap individu Sebelum memulai sebuah usaha yang bersifat perorangan maupun organisasi harus terlebih dahulu menganalisa peluang usaha yang akan dijalani.
Dan setiap Individu dari pelaku Usaha juga perlu menganalisa diri sendiri dan di haruskan memiliki unsur - Usur rumusan pendukung yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan atau pebisnis baru agar sukses.
Menurut Paul Charlp 4 unsur rumusan tersebut yaitu :
1. Work hard (kerja keras)
Wirausahawan diharuskan bekerja keras dalam menjalankan usaha yang wirausahawan kerjakan agar mencapai kesuksesan yang diinginkan.
2. Work smart (kerja cerdas)
Kerja cerdas menuntut wirausahawan untuk melakukan terobosan-terobosan baru agar usaha yang dijalankan tidak mati atau kalah bersaing dengan usaha wirausahawan lain.
3. Anthusiasm (kegairahan)
Kegairahan disini menjadikan wirausahawan selalu mempunyai semangat dalam menjalankan usaha yang dirintisnya agar tidak menjadi putus asa jika manghadapi resiko kegagalan usaha.
4. Service (pelayanan)
Dalam melaksanakan usahanya wirausahawan dituntut untuk melakukan pelayanan terbaik agar wirausahawan mendapatkan banyak pelanggan yang secara otomatis akan meningkatkan keuntungan untuk wirausahawan.
Kriteria penentuan peluang usaha
Terdapat beberapa macam bentuk kriteria yang menjadi sebuah bentuk metode menentukan peluang usaha yang dimiliki, yaitu :
1. Permintaan dan penawaran dari barang dan juga jasa yang ingin ditawarkan
Sebuah tingkat dari pengembalian dari nilai barang
2. Kompetitif melakukan penentuan terhadap capaian dari tujuan
3 Melakukan pemilihan terhadap ketersediaan dari sumber daya dan kompetensi yang ada.
Sebagai contoh,semisal bisnis yang bergerak pada bidang usaha perdagangan maka yang menjadi sasaran menentukan peluang adalah :
Kemudahan dalam penggunaan.
Efisiensi.
Kualitas produk.
Penghematan.
Terdapat sebuah jaminan dari penggunaan.
Tujuan Analisa peluang Usaha
Tujuan dari Analisa peluang usaha tidak lain adalah untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis yang hendak dijalani di masa mendatang.
Hal itu di karenakan pada awal usaha banyak wirausahawan yang memiliki rasa ragu ketika harus mendefinisikan produk atau jasa yang hendak dijual.
Dari yang demikian, kita bisa mengerti pentingnya melakukan analisa peluang usaha, agar bisnis dapat dijalankan tanpa mengalami banyak kendala.
Analisis peluang usaha ini terkait erat dengan strategi perusahaan dan ide bisnis yang baru.
Menganalisa peluang usaha sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis.
Analisa Usaha juga berguna untuk menyusun strategi perusahaan, penjualan, hingga membuat ide bisnis baru.
Sebuah bisnis pastinya selalu mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai, Ada beberap tahapan dan kriteria yang perlu dipenuhi saat Anda hendak memulai bisnis baru.
Baca Juga : 10 Langkangkah Menentukan Bisnis Plan
Pentingnya melakukan Analisis Peluang Usaha
Melalui analisis peluang usaha ini, akan ada banyak hal penting yang bisa Anda ketahui dan dapatkan, diantaranya sebagai berikut
Keuntungan melakukan Analis peluang Usaha
• Mencegah kerugian atau kebangkrutan usaha yang akan Anda jalani.
Ketika kita telah menganalisa sebuah peluang usaha, secara tidak langsung pasti akan mengetahui, seberapa besar potensi dari peluang usaha tersebu. Dengan begitu kita bisa mengontrol agar usaha yang nantinya kita jalankan tidak menjadi kolaps.
• Mengetahui produk atau jasanya yang dibutuhkan pangsa pasar.
Survey dan Analisa sebuah prodak atau jasa yang banyak dibutuhkan dan dicari konsumen ,berpengaruh besar pada keberlangsungan sebuah usaha.
• Mengetahui seberapa besar minat konsumen akan produk atau jasa yang akan Anda ditawarkan.
Dengan menganalisa pangsa pasar pastilah kiita akan mengetahui minat konsumen akan barang atau jasa yang akan kita jadikan sebuah usaha, sehingga kita bisa mengatur strategi marketing yang tepat agar usaha kita berjalan sesuai rencana.
• Dapat Mengetahui keuntungan dan resiko kerugian ketika berbisnis.
Analisa Bisnis sebenarnya tidak jauh dari keingin Tahuan akan prospek jangka panjang, dan tidak lepas dari bagaimana kita mendapatkan keuntungan yang lebih, serta menekan resiko kerugian usaha.
• Dapat dengan tepat Menetapkan teknik pemasaran yang tepat.
Mengetahui berapa lama usaha dapat berjalan.
Manajemen marketing yang tepat guna, juga salah satu manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan Analisa usaha.
Diharapkan setelah melakukan analisa usaha atau reset pasar, kita bisa menerapkan strategi dalam menjual produk atau jasa dalam bisnis kita.
• Mengetahui kwalitas bisnis Anda.
Kwalitas sebuah perusahaan ,atau bisnis juga tergantung dari hasil team surveyor, dan team analisa pasar.
• Dapat Mengetahui persaingan yang terjadi di pasar.
Yang tidak kalah pentingn, adalah dapat mengetahui tingkat persaingan yang pastinya semakin hari akan semakin ketat.
Dari itu dibutuhkan team work yang benar - benar solid ,sebagai langkah awal mengembangkan Usaha.
Berikut akan kita ulas bagaimana langkah yang harus diperhatikan dalam memulai sebuah Analisa sebuah peluang usaha ataupun bisnis.
Langkah dan Cara yang tepat Melakukan Analisis Peluang Usaha
Langkah pertama untuk menganalisia sebuah peluang usaha baru dapat dilakukan dengan cara menerapkan sistem analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat).
Dengan menggunakanya, Anda akan lebih berhati- hati dalam mengambil keputusan .
Anda akan lebih mudah mengetahui, berjalan atau harus mengganti Usaha tersebut.
Mengetahui peluang cerah, kekuatan, kelemahan, dan ancaman yang dimiliki bisnis Anda.
Mengetahui peluang cerah, kekuatan, kelemahan, dan ancaman yang dimiliki bisnis Anda.
Dua jenis Analisa SWOT :
* Analisa internal
Analisa internal berfokus pada kwaliti dan kwantitas produk yang menjadi
Kekuatan utama dalam sebuah bisnis.
* Analisa eksternal
Analisa external berkutat pada peluang dan ancaman yang meliputi :
Strength (Kekuatan)
Yang dimaksud dengan kekuatan adalah keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis yang akan Anda jalankan.
Kekuatan utama bisnis ini bisa memengaruhi secara positif baik untuk saat ini maupun di masa mendatang.
Kekuatan bisnis atau Analisa usaha bisa diketahui dengan mengajukan berbagai pertanyaan sebagai berikut:
Apa saja keunggulan dari perusahaan?
Apa kelebihan yang dimiliki perusahaan yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing?
Apa saja keunikan perusahaan Anda?
Apa hal utama yang membuat perusahaan sukses dalam penjualan selama ini?
Apa saja keunggulan perusahaan dimata konsumen?
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan kelemahan perusahaan, yang dapat berpengaruh secara negatif pada perusahaan di saat ini ataupun di masa mendatang.Anda bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa yang bisa diperbaiki oleh perusahaan ?
Apa yang sebaiknya yang harus dihindari oleh perusahaan ?
Faktor apa saja yang membuat penjualan perusahaan menurun?
Apa kelemahan perusahaan dari kacamata konsumen?
Apa saja sepak terjang kompetitor sehingga pesaing lebih baik dari perusahaan Anda?
Opportunities (Peluang )
Opportunities merupakan peluang yang dimiliki oleh perusahaan sehingga mempunyai kesempatan untuk dapat berkembang di masa mendatang. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah:Kesempatan apa yang dimiliki oleh perusahaan saat ini?
Hal apa yang sedang tren dan sejalan dengan perusahaan Anda?
Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman yang mungkin bisa menjadi kendala bagi perusahaan untuk dapat berkembang. Pertanyaan yang sesuai adalah:Apa saja kendala yang dihadapi oleh perusahaan saat ini?
Hal apa yang sedang atau telah dijalankan oleh kompetitor perusahaan?
Kemajuan teknologi apa yang menjadi ancaman untuk perusahaan?
Apa saja peraturan pemerintah baru yang sekiranya akan mengancam kemajuan perusahaan Anda?
Pertanyaan tersebut di atas sangat bermanfaat bagi Anda selaku pemilik bisnis maupun stakeholder untuk menentukan problem yang dihadapi serta solusinya.
Analisis SWOT ini setidaknya bisa membantu perusahaan untuk menetapkan strategi bisnis perusahaan.
Metode ini bisa membantu menelaah keunggulan dan masalah yang terjadi di perusahaan Anda.
Pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dapat menetapkan strategi saat ini maupun di masa mendatang.
Dengan adanya 4 faktor yang saling terkait ini akan memudahkan perusahaan untuk mencapai visi dan misinya.
Manfaat yang diperoleh dari analisis SWOT yaitu perusahaan menjadi lebih paham arah dan tujuan di masa mendatang.
Nah, itulah penjelasan tentang cara dan tujuan serta manfaat analisis peluang usaha .
Manfaat yang diperoleh dari analisis SWOT yaitu perusahaan menjadi lebih paham arah dan tujuan di masa mendatang.
Nah, itulah penjelasan tentang cara dan tujuan serta manfaat analisis peluang usaha .
Bagi Anda yang ingin memulai usaha baru, coba terapkan metode diatas..
0 Response to "Penting!!! Inilah Cara dan Tujuan yang tepat Analisa peluang Usaha atau bisnis"
Post a Comment