13 Strategi jitu Pemasaran untuk segala jenis Bisnis Produk ataupun jasa

13 Strategi jitu Pemasaran untuk segala jenis Bisnis Produk ataupun jasa baik online maupun ritel.

Managmen Marketing atau Cara Pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan bisnis 

Dalam sebuah Bisnis atau Usaha, ada beberapa hal yang penting untuk selalu dikedepankan ,agar Bisnis yang Anda Rintis akan sukses dan terus berkembang.
Beberapa hal yang penting dalam bisnis adalah Mangement bisnis dan Strategi Marketing.

Managmen Marketing atau Cara Pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan bisnis Anda.

Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan dalam bisnis yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.
Dan Strategi pemasaran adalah alat fundamental bisnis yang direncanakan untuk mencapai target perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat dan tentu saja mendapatkan banyak konsumen.

●Pengertian Strategi Pemasaran ( Marketing Strategy )
Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, apakah itu barang atau jasa, menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi .

Definisi strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu , karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal ini .
Strategi Pemasaran memiliki peran penting dalam suatu perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan , baik harga barang maupun jasa .

Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa , yaitu :

✅Produksi
produksi meliputi ; kwalitas, manfaat dan efektifitas (jika produk adalah barang/alat)
Higienis ,sehat ,dan halal (jika produk berupa makanan)

✅Pemasaran
Pemasaran meliputi ;kwantitas, cara / strategi pemasaran ,dan hasil.

✅Konsumsi
Konsumsi meliputi ; komoditas pasar,  pangsa pasar dan konsumen tingkat akhir.

Dalam hal ini, pemasaran adalah bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi .

Apa Itu Strategi Pemasaran ?

Strategi pemasaran akan sangat penting dan menjadi senjata utama bagi kelancaran usah bisnis Anda, terlebih saat ini persaingan dalam Bisnis pemasaran sangatlah ketat, jadi menentukan strategi yang tepat adalah opsi yang harus di lakukan oleh pelaku usaha, Mari kita simak apa itu strategi pemasaran dan apa strategi yang tepat untuk mendongkrak perkembangan Bisnis Anda ?

》Strategi pemasaran adalah logika pemasaran di mana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan manfaat dari hubungan mereka dengan konsumen .

》Strategi pemasaran adalah program keseluruhan perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari bauran pemasaran ; produk, distribusi , promosi, dan harga .

Berikut ini akan Kami sampaikan pembahasan tentang 13 (tiga belas) cara pemasaran produk terbaik dan jitu yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

13 Cara jitu menerapkan strategi Pemasaran jitu :

Untuk keberhasilan dan kelancaran sebuah usaha atau bisnis tentu harus menerapkan strategi bisnis yang tepat bagaimana caranya berikut Ulasan lengkap mengenai cara menerapkan strategi pemasaran yang jitu

1. Ketahui Target Pasar Anda
Untuk mencapai target pemasaran, Anda harus benar-benar mengenali pasar Anda, kuasailah target pasar Anda.
Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses.

Contohnya jika Anda bergerak di bagian pakaian remaja perempuan.
Maka Anda dapat menargetkan pasar Anda dengan penyesuaian pada produk yang di produksi untuk perempuan yang masih sekolah dan berumur 12-18 tahun.

2. Menggunakan Social Media
Media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh di zaman sekarang karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya dan hampir tidak bisa lepas dari berselancar di sosial media.
Anda bisa berpromosi menggunakan Instagram dan Facebook.

Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi.
Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual.
Dalam pemasaran media sosial anda juga bisa menggunakan fitur faceebook ads.

3. Menawarkan Produk Secara Gratis
Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.
Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut. Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan
sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya.

atau jika produk yang anda tawarkan adalah barang anda bisa mnawarkan dengan metode "buy one get two".
Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan dapat menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk.
Strategi pemasaran ini cukup efektif diterapkan.

4. Memilih Tempat Strategis
Tempat strategis masih menjadi salah satu
strategi pemasaran yang penting untuk dipertimbangkan karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja akan memicu penjualan yang tinggi.

Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.
misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan sekolah, maka tempat berjualan yang cocok adalah di dekat area sekolah atau perkantoran ,ini akan membuat produk yang Anda tawarkan terlihat dan laku.

5. Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik.

Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang, namun dapat berupa hadiah produk atau potongan harga. Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu konsumen yang loyal dan calon konsumen.
Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir semua jenis produk.

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen
Konsumen yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan.
Mereka telah berulangkali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya Anda memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan.
Hal ini cukup efektif menjadi cara pemasaran produk makanan karena produk jenis ini mengandalkan loyalitas pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.

7. Buat Logo atau Merek
Logo yang baik sangat penting untuk memasarkan merek bisnis sekecil apa pun.
buatlah logo atau merek yang unik ,berbeda dan mudah diingat.
Marketing strategi

8. Kembangkan Strategi Pemasaran lewat email
Email telah menjadi salah satu sarana pokok pemasaran bisnis kecil ataupun besar selama ini.
Tambahkan label di dalam akun/produk yang memberi mereka tingkat status yang lebih tinggi dibanding yang lainnya .

9. Mulut ke Mulut
Tim pemasaran Anda berkomunikasi secara langsung dengan konsumen.
Setelah konsumen membeli produk dan merasa puas dengan produk tersebut, konsumen akan memberitahu konsumen lainnnya yang berpotensi untuk membeli produk tersebut.

10. Kemitraan ( Partnership )
Kemitraan Pemasaran memiliki sejumlah keunggulan , misalnya berkolaborasi dengan pihak lain .
Strategi pemasaran ini dianggap murah dan lebih memiliki peluang berhasil .

11. Bekerja sama dengan Influencer
Banyak orang yang menggunakan influencer di sosial media untuk mempromosikan produknya.
Kemampuan seorang influencer ternyata benar -benar memiliki banyak pengaruh pada penjualan Anda ,dengan jangkauan pengikut yang besar, ketika Anda mengontrak influencer untuk mempromosikan produk Anda melalui
Vloggers dan blogger dapat berpengaruh besar bagi kelancaran strategi pemasaran jasa atupun produk.
12. Online Marketing
Di era digital seperti sekarangini ,Online marketing menjadi hal yang lumrah dilakukan.
Kecanggihan teknologi memang sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Keberadaan online marketing bisa membantu perusahaan untuk mengeluarkan biaya minimal dalam menjalankan marketingnya.

SEO (Search Engine Optimization) dan SMO (Social Media Optimization) menjadi dua cara online marketing yang saat ini populer dan banyak digunakan oleh kalangan pembisnis kelas atas ataupun bisnis kecil.

13. Evaluasi Secara Berkala

Setelah semua langkah pemasaran dilakukan dengan baik, maka evaluasi menjadi hal yang wajib dilakukan.
Evaluasi secara berkala terhadap setiap kebijakan pemasaran yang diterapkan akan membuat perusahaan mampu melihat apa saja kekurangan dan kelebihan dari keputusan yang diambil.
Evaluasi juga akan membantu perusahaan lebih mudah dalam mengambil kebijakan di masa mendatang.

Ke 13 strategi pemasaran diatas sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat dan tentu saja mendapatkan banyak konsumen.

Dan tentu saja penjualan Anda akan semakin meningkat.
Setelah strategi pemasaran produk diatas bisa berjalan dengan baik, Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik.
Anda dapat memulainya dengan menyimpan dan mengecek catatan keuangan bisnis Anda secara berkla.

Nah ,,demikian tadi 13 Strategi jitu pemasaran yang bisa Anda coba Aplikasikan pada Bisnis Anda.
Salam semangat dan sukses selalu

0 Response to "13 Strategi jitu Pemasaran untuk segala jenis Bisnis Produk ataupun jasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel