3 Bidang Usaha dan jenis - jenis peluang Bisnis dengan Modal Kecil dipedesaan | Peluang Usaha di Masa Pandemi Covid-19

3 Bidang Usaha dan jenis - jenis peluang Bisnis dengan Modal Kecil dipedesaan | Peluang Usaha di Masa Pandemi Covid-19

Peluang usaha di masa pandemi dengan modal kecil yang bisa untung besar,untuk menambah penghasilan saat masa pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi.

Tiga bidang Usaha dan jenis - jenisnya

Pandemi covid 19 yang masih mewabah di dunia berimbas pada perputaran ekonomi di berbagai negara mengalami penurunan yang cukup signifikan, tak terkecuali Indonesia, ancaman resesi ekonomi pun seperti tidak bisa dihindarkan.

Di masa pandemi dan resesi ekonomi seperti sekarang ini, Anda harus lebih cermat dalam memilih atau memulai membuka peluang usaha, Dengan menerapkan cara yang tepat, meski dengan modal kecil namun bisa mendatangkan keuntungan besar.

Anda juga dituntut untuk memahami cara agar usaha yang akan Anda jalankan dapat bertahan di tengah krisis ekonomi.
Tidak bisa kita sangkal jika pandemi covid 19 telah berimbas pada sektor ekonomi ,baik dikalangan menengah atau bisnis besar sekalipun seperti menjadi otomatis lesu, bahkan terancam bangkrut.

Oleh karena itu dalam menjalankan Usaha diperluakan kedisiplinan ,kerja keras dan managemen bisnis yang tepat.
Untuk menghindari kebangkrutan bisnis Anda harus memilik Manajemen bisnis yang tepat, baca :Tips Mengembagkan management Bisnis

Di masa seperti sekarang ini dimana wabah pandemi belum jelas kapan akan menghilangnya, ditambah lesunya beberapa sektor bisnis, ternyata ada beberapa jenis peluang Usaha / bisnis dengan modal kecil namun memiliki penghasilan besar.

Tiga bidang Usaha dan jenis - jenisnya yang Masih tetap cuan ditengah pandemi dan krisi.

Apa saja jenis Bisnis tersebut ?
Berikut ini beberapa jenis bidang bisnis yang bisa anda jalankan di tengah pandemi Covid-19 dengan minim modal dipedesaan akan tetapi memiliki prospek keuntungan besar, bisa menambah biaya hidup anda beserta keluarga dan semoga bisa meraih sukses dimasa yang akan datang.

Mari kita simak 3 bidang dan jenis- jenis peluang Usaha dengan modal kecil yang memiliki prospek dipedesaan meskipun di masa pandemi dan krisis ekonomi.

* Peluang Usaha modal kecil di pedesaan bidang Jasa

Usaha di bidang jasa memang termasuk dalam kategori bisnis atau usaha yang tidak semua orang bisa, ada keterampilan - keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin mencoba peruntungan usaha di bidang jasa.
Berikut contoh - contoh peluang usaha bidang jasa yang potensial di pedesaan yang bermodal kecil namun bisa mendapatkan keuntungan besar :

1. Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Peluang bisnis di pedesaan yang pertama adalah dengan membuka jasa potong rambut dan perawatan tubuh. Meskipun tinggal di desa, memperhatikan penampilan tetap menjadi satu hal yang penting, membuka usaha di bidang  jasa potong rambut pastinya akan ramai pelanggan ,sebab hampir setiap orang ,setiap bulanya akan memotong rambut atau sekedar merapikanya.

Nah,, Jika Anda merasa memiliki kemampuan dalam menata atau memotong rambut dan perawatan, Anda bisa membuka bisnis ini ,bisnis yang satu ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan meskipun dibuka di pedesaan, Usaha yang satu ini juga tidak mempan dengan situasi krisis ekonomi, sebab Hampir setiap Orang membutuhkan jasa ini.

Agar Bisnis Jasa Anda bisa berjalan lancar berikan Tawaran pelayanan yang komplit, seperti creambath, potong rambut, masker, lulur, smoothing, rebonding dan sebagainya. Selain itu dalam membuka usaha ini Anda tidak memerlukan modal yang terlalu besar, anda juga bisa hanya dengan memanfaatkan ruang tamu atau halaman yang tidak terlalu luas.

2. Jasa Menjahit

Peluang usaha di bidang fashion bisa dibilang hampir tidak ada matinya, Karena meskipun tinggal di pedesaan tentunya Penampilan menjadi salah satu prioritas.
Nah, jika Anda memiliki keahlian dalam menjahit, manfaatkan saja peluang bisnis di pedesaan satu ini.

Bukan hanya membuat pakaian baru, Anda juga bisa menawarkan jasa memperbaiki model pakaian yang sudah ada, mengganti kancing, raslating, menjahit pakaian ataupun celana hingga mengecilkan maupun memperbesar.
Bisnis menjahit tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda hanya perlu memiliki mesin jahit dan ruangan kosong dan sedikit promo ,agar usaha Anda bisa dikenal di masyarakat luas atau anda bisa berkeliling untuk menawarkan jasa Menjahit atau permak pakaian.

3. Jasa pembayaran online

Usaha di bidang jasa pembayaran online ,tentunya belum begitu banyak ,dengan berkembangnya jaringan seluler untuk keperluan komunikasi dan internet yang kini telah merambah ke pelosok desa, ditambah lagi maraknya jual beli online, atau merebaknya bisnis start up.
Maka dari itu jasa penjualan pulsa Hp, kuota internet dan token listrik PLN bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan.

4. Agen Bank

Meningkatnya transaksi perbankan di pedesaan dan jauhnya anjungan ATM bisa kita ambil peluang tersebut untuk mendirikan Agen bank tertentu, seperti menjadi Agen BRILink, atau Mandiri link. 

Bisnis Jenis ini terbilang cukup memiliki prospek yang cerah ,yang bisa Anda jalankan di Desa.
Untuk memulai Bisnis ini Anda harus menjadi mitra Bank tersebut

5. Jasa desain grafis

Jangan salah, meskipun tinggal di desa bisnis ini bisa kita jalankan, karena di Era digital yang semakin hari semakin berkembang, dan banyak perusahaan - perusahaan besar maupun kecil yang membutuhkan jasa design grafis.
Seperti membuat design toko online, atau sejenisnya.
Namun, peluang usaha satu ini tidak semua orang bisa melakukan,dan pastinya persainganyapun menjadi sedikit.
Untuk memulai usaha modal kecil untung besar yang satu ini, tentunya Anda dituntut memiliki kemampuan serta keterampilan dalam membuat desain secara digital.

Membuka usaha jasa disain grafis sangat cocok bagi anak-anak muda.
Karena disamping modal yang dibutuhkan kecil, para Anak muda pun pastinya sudah terbiasa dengan dunia digital.
Usaha ini juga bisa dilakukan di Desa asalkan memiliki jaringan internet yang kuat.
• Peluang Usaha di pedesaan bidang Agrobisnis

Jenis Usaha di pedesaan lainya adalah di bidang Agrobisnis.
Memang untuk memulai usaha agrobisnis bukanlah hal mudah, Selain diklaim membutuhan modal yang tidak sedikit, Untuk membuka usaha agrobisnis dipedesaan, Andaharus memiliki jiwa ulet dan sabar.
Jangan beralasan modal karena ternyata ada beberapa usaha agrobisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Berikut Pilihan Usaha bidang agrobisnis bisnis di pedesaan dengan modal kecil namun bisa mendatangkan untung besar :

1. Sayuran Organik

Menanam sayur organik sangat cocok jika dijalankan para ibu rumah tangga agar bisa menambah penghasilan dan membantu perekonomian keluarga, usaha budidaya sayuran organik ternyata bisa berpenghasilan besar.

Dalam menjalankan usaha ini Anda tidak memerlukan lahan tanam yang luas. Dengan memanfaatkan halaman rumah yang terbatas anda bisa memulainya dengan sistem hidroponik.

Anda bisa mengembangkan budidaya sayuran organik ini sebagai sampingan, karena dalam perawatannya pun terbilang cukup mudah.

2. Bidang Hidroponik

Jenis Usaha yang satu ini sangat cocok Bagi masyarakat pedesaan karena biasanya masyarakat di desa masih memiliki halaman yang lebih luas dibandingkan masyarakat perkotaan. Karenanya, bidang hidroponik bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar dan sistem hidroponik pastinya lebih higienis, anda bisa menjadikan peluang usaha ini sebagai pilihan terbaik.

Langkah awal untuk memulai usaha ini ,Anda harus tahu jenis media yang cocok untuk digunakan.
Anda harus megetahui Media yang memiliki kemampuan dalam menyimpan air yang baik, media harus yang gembur, sehingga banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik, pemakaian serabut kelapa dan arang sekam biasanya menjadi pilihan bagi pelaku usaha ini untuk membuat media tanam.
Anda bisa menanam berbagai macam syuran atau bahkan tanaman hias.

3. Usaha Rempah-Rempah

Rempah-rempah asli Indonesia dipatok dengan harga tinggi oleh dunia, karena kita, rasa rempah yang kuat serta mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan . Hal itu tentu saja menjadi peluang ekspor baru. Seperti kapolaga, merica, pala, jahe ,kunyit dll.

Selain digunakan sebagai bumbu masak, beberapa negara juga memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan baku obat dan kosmetik.
Anda bisa mengumpulkan nya dari petani atau bahkan bisa untuk membudidayakannya sendiri.

4. Buah-Buahan

Buah lokal Indonesia merupakan salah satu buah dengan kualitas terbaik di dunia.
Kesadaran masyarakat akan hidup sehat, bisa kita manfaatkan menjadi peluang bisnis tersendiri, salah satunya adalah agrobisnis buah-buahan berkualitas yang dihasilkan petani lokal.

Harga buah lokal pun ternyata cukup tinggi di pasaran.
Nah ,, Anda bisa mencoba budidaya buah di lahan pribadi.
Ada banyak pilihan buah yang tidak pernah sepi peminat dan gampang dikembangkan, seperti buah naga, pisang raja, Durian, dan masih banyak yang lainya.

Jika Anda ingin harga jual yang lebih tinggi, buah musiman bisa jadi pilihan seperti mangga, petai, rambutan dll.
Cara budidaya kelengkeng  Lihat disini !

5. Budidaya Jamur

Seperti yang kita ketahui selain memiliki cita rasa yang nikmat, jamur  juga memiliki memiliki khasiat bagi kesehatan.
Dari itu jenis usaha budidaya jamur ,memiliki prospek yang sangat baik, dan cocok dijalankan di pedesaan ,karena sifat utama dari jamur adalah dapat tumbuh pada suhu yang lembab.

Anda bisa mencoba untuk membudidayakan jamur , seperti jamur tiram, lingsi, jamur merang, dan jamur Enoki.

6. Penyemaian dan penyetekan bibit tanaman.

Menyemai bibit tanaman seperti ,bibit rambutan, kelengkeng, mangga, durian dan bibit tanaman kayu.
Peluang usaha ini tidak bisa di lakukan oleh setiap orang, karena membutuhkan keterampilan khusus dalam memilih bibit unggul, dan mampu mengaplikasikan metode sistem stek tanaman.
Sistem stek di akui adalah proses paling mudah dalam memperbanyak bibit tanaman.

7. Menjual Berbagai Bunga Dan Tanaman Hias
Tanaman hias kini kembali menjadi primadona, hal itu terjadi disebabkan kebosanan saat kita menghadapi psbb yang mengharuskan kita tetap dirumah.
Bagi anda yang suka dalam mendekorasi taman indah atau mempercantik taman, dengan menanam berbagai macam bunga, sangat pas jika memanfaatkanya sebagai peluang bisnis.

Bisa di bilang menjual tanaman hias dan  bunga adalah peluang agrobisnis yang paling menguntungkan saat ini.
Pasalnya disamping maraknya tanaman hias Ahir akhir ini, Jika anda hobi dalam bidang ini selain menyalurkan  hobi anda juga bisa menghasilkan uang dengan memulai berjualan tanaman hias dan bunga.

Tanaman hias yang sekarang memiliki nilai jual tinggi antara lain adalah jenis Aglonema, Monstera, Anthorium, dan jenis Bonsai. jenis jenis tanaman hias itu juga memiliki nilai jual yang tinggi, contohnya jenis tanaman hias Aglonema yang Harganya bisa mencapai ratusan bahkan jutaan ripiah per Tanaman.
Selain itu Anda juga memiliki peluang pasar untuk menyuplai para dekorator interior dan eksterior, atau bahkan anda pun bisa menjadi seorang dekorator sekalian.

• Peluang bisnis bidang Usaha kreatif

Bisnis kreatif kini semakin banyak diminati, hal itu terbukti dari banyaknya UKM yang berdiri dan menawarkan produk kreatif mereka.

Jika Anda memiliki keterampilan di bidang kreatifitas, jenis Usaha ini bisa menjadi pilihan terbaik ,berikut beberapa Peluang usaha di bidang kreatifitas.

1. Usaha kreatif dari Anyaman bambu atau rotan.

Contoh usaha kreatif adalah dengan membuat aksesoris kerajinan tangan dari anyaman bambu atau rotan.
Apalagi jika Anda tinggal dipedesaan yang notabennya bahan dasar dari  usaha ini masih tersedia  banyak.
Hanya dengan modal yang minim, anda bisa membuat berbagai jenis aksesoris dan perlengkapan rumah tangga  seperti wadah cucian, tempat tisu ,lampu hias dan  gantungan kunci, ataupun cendera mata .

kemudian manfaatkan media sosial maupun toko online untuk pemasaranya.

2. Usaha kreatif Produk Daur Ulang
Kreatifitas bisa di terapkan dalam berbagai hal dari Barang bekas yang ada di rumah pun jika Anda memiliki kreatifitas tinggi, barang yang sudah tidak berguna  bisa Anda sulap menjadi barang yang bermanfaat ,unik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Misalnya anda bisa memanfaatkan koran, majalah bekas atau plastik bekas yang bisa diubah menjadi benda yang lebih bermanfaat seperti lampu hias, keranjang, bunga plastik dan sebagainya.

Bisnis ini juga bisa menjadi peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga, disamping modal yang relatif kecil bisnis kreatif produk daur ulang ini waktu pengerjaannya fleksibel.
Ini bisa menjadikan penghasilan ibu ibu rumah tangga.

3. Usaha kreatif jualan Barang Antik

Banyaknya peminat akan barang barang Antik, menjadi salah satu alasan kenapa Anda membuka bisnis ini.
Beberapa barang antik memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan menjadi buruan para kolektor. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan barang-barang antik lalu menjualnya kembali.

Anda bisa menjual melalui marketplace  agar lebih mudah dan aman, seperti di Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.

Usaha jenis ini juga cocok Anda lakukan di desa, karena yang pasti masyarakat desa masih banyak menyimpan barang - barang Antik, seperti lampu patromak, setrika jago, hingga meja kursi Antik dan berbagai perabotan Antik lainya.
Atau anda cukup bermodalkan mesin detektor logam, untuk mencarinya.

4. Desain Uang Mahar dan seserahan

Ide Usaha kreatif selanjutnya adalah jasa kreasi / desain Mahar dan seserahan. Mahar atau seserahan dalam prosesi pernikahan menjadi Usaha yang menjanjikan jika Anda memiliki kreatifitas yang tinggi, modal yang Anda persiapkan juga terbilang sedikit ,anda hanya membutuhkan beberapa peralatan seperti ,Uang mainan, figura, lem tembak, kertas kado dan sebagainya.

Ganti Uang yang dipakai untuk mahar dengan uang mainan, karena sekarang tidak lagi diperbolehkan menjadikan uang yang masih laku sebagai pajangan, dan dalam hukum Islam pun uang mahar haruslah dipakai oleh istri.


Anda bisa mengkreasikan bentuk dan hias sedemikian rupa.
Gunakan kreativitas Anda untuk membuka jasa desain uang mahar.
Tawarkan jasa pada teman - teman anda yang akan menikah.
Atau anda juga bisa bermitra dengan para pemilik wedding organizer untuk mendesain uang mahar klien mereka.

Untuk memudahkan Anda berjualan jasa mendesain uang mahar lakukanlah juga lewat media online.

5. Bisnis kreatif ramuan Herbal

Bagi Anda yang hidul dipedesaan tentunya tidak akan kesulitan mencari bahan baku untuk membuat ramuan Herbal, karena pastinya di pedesaan masih banyak orang yang suka mengkonsumsi ramuan herbal.

Adanya virus corona yang hingga saat ini belum ada obat maupun vaksin-nya, disamping selalu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, ramuan herbal Indonesia diklaim bisa mencegah penularannya ke tubuh kita serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ramuan herbal alami yang mengandung bahan-bahan seperti kencur, kunyit, temulawak, jahe, dan daun sereh dipercaya dapat meningkatkan sistem imun.

Dengan demikian, peluang bisnis ramuan atau minuman herbal dapat menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.
Karena disamping memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan yang jelas ramuan herbal tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
Nah, itulah tadi beberapa jenis usaha atau bisnis minim modal yang mampu bertahan di tengah pusaran resesi ekonomi .

Catatan :
Dari 3 bidang Usah dan jenis jenis peluang Usaha di pedesaan di atas Anda bisa menentukan Usaha apa yang kita - kira cocok Anda jalankan , jika Anda serius menjalankan Usaha dan tekun ,maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi seorang pengusaha yang sukses meski bisnis dari pedesaan.
Salam sukses.

Bagi Anda yang ingin referensi Bisnis , trik dan Tips Bisnis ikuti dan Simak setiap Artikel kami.
Terimakash.

0 Response to "3 Bidang Usaha dan jenis - jenis peluang Bisnis dengan Modal Kecil dipedesaan | Peluang Usaha di Masa Pandemi Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel