Mengenal bisnis syariah dan 8 contoh ide Bisnis Islami.

Mengenal bisnis syariah dan 8 contoh ide Bisnis Islami.
Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Bismillahirahmanirahiim..
Pada kesempatan kali ini Kami akan sajikan sebuah Artikel yang membahas tentang  hukum bisnis syariah dan Contoh ide bisnis Islami ,yang mudah mudahan bisa memberi Inspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.



Bagi Orang Islam Khusunya ,memiliki sebuah usaha atau bianis tentunya menginginkan Bisnis yang berlabel halal, mempunyai nilai - nilai keberkahan dan yang terpenting ialah meraih ridho Allah SWT.

Dalam Dunia bisnis setiap bisnis tentu memiliki ciri masing masing dan didalam Hukum bisnis syariah juga memiliki Ciri-ciri tersendiri.
Sebenarnya Dalam dunia bisnis ,Bisnis syariah bukanlah sebuah konsep baru. Bahkan ada banyak pelaku bisnis yang saat ini berupaya menerapkan kegiatan jual beli yang sesuai dengan hukum-hukum syariah.
Tujuan dari hal tersebut adalah tidak lain untuk bisa mendapatkan keuntungan dan keuntungan yang didapatkan bisa mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat.

Lalu Apa saja ciri ciri Bisnis bisa dikatakan sebagai Bisnis Syariah?

Ciri - ciri bisnis syariah 

Bisnis Syariah memiliki beberapa kriteria atau ciri - ciri, hingga sebuah Bisnis disebut Bisnis Syariah, ada empat ciri ciri tersebut yaitu :

1. Bisnis syariah Berpijak pada Nilai-nilai Ruhiyah.

Ruhiyah merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan tingkat kedekatan umat Muslim kepada Allah SWT.
Dalam bisnis syariah, para pelaku bisnis senantiasa mengedepankan ketaatan pada Allah SWT dalam menjalankan kegiatan bisnis yang mereka jalankan.

2. Bisnis syariah memiliki Aturan yang berdasarkan Syar' i.

Dalam praktiknya bukan hanya sekedar melihat untung ruginya saja ,namun harus juga memikirkan kemaslahatan bagi umat.
Mengimplementasikan aturan syar' i ,teori dan praktiknya harus selaras.

3. Bisnis Syariah Mengedepankan hukum Halal haram.

Untuk bisa menjalankan bisnis sesuai syariah, Anda perlu memahami apa saja yang menyebabkan suatu bisnis menjadi halal atau haram.
Sehingga Anda bisa terhindar dari praktik bisnis yang tidak sesuai syariat.

4. Mengorientaskan pada Akhirat.

Orientasi yang utama dalam bisnis syariah adalah akhirat.
Tentu saja niat daripada menjalankan bisnis adalah Meraih keuntungan sebesar besarnya, namun yang utama dalam bisnis syariah adalah bagaimana bisnis juga menjadi sarana untuk beribadah.

Dalam Agama Islam Terdapat aturan atau Hukum mengatur dalam melakukan segala Hal dari  muamalah atau interaksi sosial, termasuk di dalamnya Hukum tata aturan untuk menjalankan bisnis atau Usaha.

Namun, bukan berarti bertujuan untuk membatasi seorang muslim untuk bisa memiliki bisnis sendiri dan mengembangkan nya
Selama masih sesuai dengan hukum, tata aturan Islam, maka seorang muslim dibebaskan untuk menjalankan bisnis syariah yang ia inginkan.

Dan Agama Islam juga membolehkan untuk mencari Investor atau pemodal jika dalam menjalankan Bisnis Anda kesulitan modal, anda bisa mengajukan proposal usaha Anda pada Dinas terkait atau Pihak swasta , panduan untuk membuat proposal bisa Anda Temukan disini !

Berikut ini adalah beberapa inspirasi peluang bisnis syariah yang bisa Anda jalankan sesuai dengan kemampuan dan ketertarikan Anda.

Baca dan simak juga :Pengertian Syari'ah dan Tasyri

8 Ide dan contoh peluang Usaha Islami dan Syariah Yang Menjanjikan.


Indonesia adalah salah satu  negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar didunia.
Jumlah penduduk muslim yang semakin hari semakin meningkat ,serta kesadaran akan gaya hidup yang islami di masyarakat Indonesia mendukung tumbuh kembangnya berbagai peluang usaha islami dan syariah.

Bank Indonesia yang menjadi salah satu bank terkemuka di Indonesia pun mengakuinya, dilansir dari berbagai lembaga survey bahwa potensi bisnis halal dan syariah akan terus berkembang bahkan potensi global pada industri halal dan keuangan syariah diprediksi bisa tembus hingga US$ 6,38 triliun di 2021.

Prediksi tersebut bukan tanpa sebab, jika melihat dari semakin banyaknya negara-negara yang mengakomodir kebutuhan pemeluk muslim dengan menawarkan wisata halal, serta kuliner halal seperti Jepang dan Korea Selatan.
Melihat besarnya peluang usaha islami dan syariah, Anda bisa memanfaatkan peluang dalam bidang bisnis tersebut.

Kemudian jika dilihat dari jumlah penduduk muslim di dunia yang mencapai lebih dari 1,8 miliar yang telah memberikan kontribusi pada total belanja sekitar US$ 2,2 triliun dengan tingkat pertumbuhan per tahun yang cukup pesat, yaitu 5,2 persen, hal ini menjadi salah satu alasan kuat jika Bisnis bebasis syariah, memiliki prospek cerah dimasa depan.

Di tambah lagi Indonesia kini telah memiliki Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) untuk menyambut peluang tersebut.
berbagai upaya akselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah pun dilakukan untuk mewujudkan hal itu, di antaranya ialah penguatan rantai nilai halal, penguatan keuangan Islam, penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah, serta penguatan ekonomi digital di kota dan di pedesaan.

Nah, apa saja peluang usaha islami dan syariah yang menjanjikan?
Berikut 8 peluang usaha islami dan syariah yang menguntungkan yang bisa menjadi sebuah referensi untuk anda.

9 Contoh dan Ide peluang bisnis syariah:
1. Menjalankan Usaha Travel dan Tour Islami.

Ide Bisnis syariah yang pertama Adalah Menjalankan bisnis Usaha Tour dan Travel Islami.
Usaha yang satu ini bisa dibilang sedang naik daun.
Usaha travel dan tour yang bernuansa islami.
Meningkatnya minat masyarakat untuk traveling dan Tour ketempat - tempat wisata religi di seluruh Dunia dan pertumbuhan daya beli Masyarakat kelas menengah keatas,menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan bisnis ini.

Untuk mencoba Ide bisnis Ini Anda harus menguasai beberapa aspek pendukung mulai dari pemesanan tiket dan hotel hingga mengurus pasport, jika destinasi wisata yang akan menjadi target adalah wisata di luar negri.
Kemudahan dan jaminan atas kenyamanan dan pelayanan pelanggan akan menjadi nilai tambah dari usaha travel dan tour islami.

Anda Juga dituntut Untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam mengenai destinasi wisata yang populer dan tempat-tempat makan yang halal di destinasi tersebut.
Anda Harus juga bisa Bekerjasama dengan pemandu wisata setempat untuk bisa mengembangkan jaringan bisnis anda.

2. Membuka Usaha Kosmetik Halal.

Maraknya produk - produk kosmetik ilegal di Indonesia menjadikan masyarakat semakin kritis mengenai berbagai produk kosmetik yang digunakan.
Mereka menuntut tidak hanya sekedar memberikan hasil yang diinginkan, namun dari segi kehalalan bahan - bahan utama untuk membuat kosmetik tersebut, apakah sesuai dengan syariat Islam.

Trend Kosmetik halal diprediksi mencapai 10% pertahun dari tahun 2016 sampai 2020
Meningkatnya pertumbuhan yang tinggi tersebut didukung oleh daya beli masyarakat yang mempunyai identitas keislaman yang semakin kuat.

Tidak bisa dipungkiri, jika trend Hijrah dikalangan para remaja pun ikut mempengaruhi lonjakan pertumbuhan Bisnis kosmetik halal.
Untuk memulai usaha islami dan syariah kosmetik halal ini, Anda harus mendesain kemasan agar terlihat cantik Islami dan mengembangkan produk kosmetik yang menggunakan bahan alami yang diracik secara tradisional.

jangan lupa Untuk mengajukan sertifikasi Halal produk Anda ke lembaga MUI, agar calon konsumen Anda merasa yakin dengan produk yang Anda tawarkan.

3. Mendirikan Usaha Daycare Islami.

Meningkatnya kebutuhan hidup ,mau tidak mau menuntut kaum perempuan untuk bekerja membantu mencari nafkah.
Disisi lain sebagai Orang Tua pastilah menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya terutama pendidikan Agama yang akan menjadi pondasi masa depan anak anak.
Hal yang demikian Mendorong meningkatnya penggunaan daycare untuk memberikan pengasuhan kepada anak yang belum masuk usia sekolah disaat kedua orang tuanya bekerja.

Dari kebutuhan tersebut diatas membuka sebuah peluang usaha, Untuk mendirikan sebuah usaha daycare tentu saja yang bernuansa islami.
Untuk memulai usaha syariah berupa  daycare bernuansa islami ini anda harus Menyediakan tempat dan fasilitas yang memadai, Mencari tenaga pengasuh yang kompeten yang mempunyai Ilmu agama tentunya.
selanjutnya Anda Harus mengajukan izin ke dinas pendidikan anak usia dini.

4. Membuka Usaha Fashion Islami.


Perkembngan fashion Islami saat ini juga dibilang mempunyai lonjakan yang sangat signifikan, hal ini bukan tanpa sebab, karena fashhion Islami saat ini juga banyak digemari oleh non muslim sekalipun.
sebagai Cotoh pengguna Hijab disamping suatu kewajiban bagi kaum muslimah hijab juga sering dan banyak dari non muslim yang mengenakanya.

Usaha dibidang Fashion Islami cukup identik dengan usaha hijab dan berbagai fashion muslim lainnya. Hal tersebut tidaklah salah karena salah satu usaha islami yang paling pertama berkembang pesat di Indonesia adalah usaha fashion hijab dan busana muslim.

Walaupun terlihat sederhana ternyata bisnis islami yang satu ini berkembang cukup pesat, dan  bisnis fashion islami ini masih menjanjikan dengan dukungan adanya pertumbuhan populasi umat muslim secara global.
produk-produk fashion islami memiliki cukup peluang untuk merambah pasar luar negeri.

5. Mendirika Usaha Kuliner Halal.

Ide Usaha syariah berikut menjadi rekomendasi yang tepat untuk dijalankan di Indonesi maupun luar negri.
Bisnis kuliner termasuk bisnis yang mempunyai pertumbuhan paling tinggi di Indonesia.

Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya pedagang pedagang makanan yang menjajjakan daganganya hampir di sepajang tepi jalan di Kota - kota besar.
Membuka usaha kuliner yang halal akan sangat menjanjikan di Indonesia ,Karena orang Indonesia yang mayoritas beragama muslim pastinya akan mencari makanan yang halal.

Untuk menjalankanya Anda harus mengedepankan cita rasa dan kehalalan makanan yang anda sajikan, Anda juga bisa mendesain tempat usaha kuliner halal anda denga desain Isami, agar dapat menarik segmen pasar dengan identitas keislaman yang kuat.
Anda bisa juga mempromosikan melalui media dakwah dan sedekah Untuk lebih menarik konsumen.

sebagai contoh ,Misalnya dengan mempromosikan bahwa setiap Rp. 50 ribu yang dibelanjakan pelanggan akan membantu memberi makan 1 anak yatim dan Duafa.
Namun perlu di Ingat Anda harus benar benar jujur dalam menjalankan hal ini,hingga para konsumen percaya akan promo yang anda tawarkan.

6. Menjadi Blogger Islami.

Di zaman sekarang, untuk mencari sebuah informasi apa saja akan lebih mudah dengan memanfaatkan internet.
Media online saat ini menjadi salah satu cara utama masyarakat untuk mencari dan mendapatkan informasi.
Menjadi blogger Islami akan sangat membantu Masyarakat memperoleh informasi yang sesuai dengan nilai-nilai islam.

Anda dapat memulai membangun blogg islami untuk memberikan informasi dan pengetahuan seputar agama, meliputi Doa - doa amaliah kemasyarakatan, Motivasi Islam dan Anda juga bisa membuat blog bertemakan gaya hidup yang islami serta kisah-kisah Inspiratif islam lainya.

Namun Anda harus sabar dalam membangun sebuah blog, karena Anda  akan dituntut untuk terus bisa memberikan konten konten yang bermanfaat dan menunggu hingga blog Anda memperoleh pembaca atau pengunjung yang cukup banyak.
Sehingga anda dapat menghasilkan uang dari Adsense atau menggunakan media blog tersebut untuk mempromosikan produk digital atau produk kreatif anda sendiri.
Contoh blog Isami baca disini

7. Mebuka Toko Online Islami.

Ide Usaha syariah berikutnya adalah Toko Online.
Memanfaatkan kecanggihan tekhnologi untuk perdagangan, peluang usaha islami dan syariah yang satu ini tergolong sedang trend, bisa kita lihat perkembanganya sekarang Toko - toko Online banyak bertebaran di Media, hal ini mengindikasikan jika Toko - toko ritel akan semakin tergerus .

Dari itu peluang Usaha dengan membuka sebuah Toko online memiliki prospek cerah, dan untuk membuat toko online ini tidaklah sulit, dengan adanya berbagai online marketplace gratis seperti Shopee, Buka Lapak, Tokopedia dan masih banyak lagi.
Pengertian toko online islami yang dimaksud adalah toko online yang menjual berbagai macam produk, bukan hanya menjual produk perlengkapan ibadah atau fashion untuk muslim saja.

Toko online islami disini sama halnya dengan toko online yang lain, yang menjual berbagai jenis barang dan produk secara online.
Toko Online Islami Hanya berbeda pada jaminan kehalalanya .
Anda harus menjamin jika barang atau produk apapun yang Anda jual bersertifikat Halal.

Ide Bisnis Islami dengan membuka jasa Aqiqah.
Aqiqah adalah salah satu yang bisa dibilang tradisi bagi Umat Islam, ketika bayi yang baru lahir akan di Aqiqahkan.
Dalam upacara Aqiqah, terdapat beberapa syarat ,salah satunya Adalah adanya Kambing / domba sebagai syarat Aqiqah.

Anda bisa mencoba bisnis Jasa Aqiqah dengan cara menyiapkan Kambing yang akan disembelih ,kemudian memasak dan membagikanya, tentunya para orang tua tidak akan mampu untuk mengerjakanya berdua saja.

Nah, dari itu Mereka pasti membutuhkan jasa Anda.
Membuka bisnis jasa Aqiqah akan sangangat berpotensi ,sebab Anda juga bisa sekalian menawarkan paket lengkap Aqiqah ,yaitu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk Aqiqah.

Dan bisnis Aqiqah ini tentunya Adalah bisnis yang Islami karena hanya menyasar pada orang - orang islam saja.
Untuk memulai bisnis ini Anda diharuskan tahu tentang tata cara dan hukum Aqiqah Selengkapnya baca disini.

9. Mitra afiliasi Islami

Menjadi seorang afiliator online sudah difatwakan MUI.
Hukumnya adalah boleh.


PENUTUP
Semoga Artikel Tentang mengenal bisnis syariah serata contoh dan Ide pelang bisnis Islami dapat menjadi referensi Anda menemukan Bisnis yang bertema Islami. Jangan lupa untuk Berdoa Agar bisnis Anda sukses
Dan semoga juga Artikel ini dapat memberikan kontribusi yang baik untuk ikhwan sekalian.
Baca Juga : 11 Broker Kripto terpercaya di Indonesia dan Luar Negri
Aamiin Ya Robbal 'alamiin.

0 Response to "Mengenal bisnis syariah dan 8 contoh ide Bisnis Islami."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel