Ide dan Analisa Bisnis usaha ternak Kelinci Serta Cara Merawat Kelinci

Ide dan Analisa Bisnis usaha ternak Kelinci Serta Cara Merawat Kelinci.

Qiblat Bisnis_Peluang usaha ternak kelinci sangat potensial di Indonesia.


Saat ini usaha ternak kelinci masih jarang digeluti oleh masyarakat kita. Padahal bisnis ternak kelinci sangat menjanjikan mengingat masih jarangnya pesaing dan meningkatnya permintaan daging kelinci.

Kelinci banyak dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan, hobi, juga untuk konsumsi.
Permintaan daging Kelinci  konsumsi di pasaran terbilang cukup tinggi dan diprediksi akan terus meroket, karena semakin banyaknya yang tahu tentang manfaat daging kelinci untuk dikonsumsi.
Harga jual daging kelinci berkisar diatas 35 sampai 50 ribu /Kg.

Dari segi harga yang tinggi ,permintaan pasar yang semakin hari semakin meningkat serta jarangnya peternak kelinci, menjadikan Bisnis ternak kelinci, sebagai Bisnis yang cukup memiliki prospek yang menjanjikan.

Namun sebelum anda memutuskan untuk memulai Bisnis usaha ternak kelinci ada baiknya untuk mencari tahu tentang berbagai jenis kelinci serta bagimana cara berternak kelinci yang benar ,agar Usaha Anda tidak sampai berhenti ditengah jalan.

Mengenal berbagai Jenis Kelinci

Yang pertama wajib diketahui bagi peternak kelinci pemula tentu adalah jenis kelinci yang bisa bertahan hidup pada iklim seperti di Indonesia.

Berikut beberapa jenis kelinci yang biasa diternak di Indonesia;

jenis kelinci flam ,kelinci flamis giant, german giant ,Rex Karpet dan masih banyak jenis lainya.

Untuk Cara ternak kelinci sendiri bisa dibilang gampang gampang susah, dibutuhkan ketelatenan dan cara perawatan yang tepat.

Contoh saja, Jika sampai salah memberikan pakan bisa jadi kelinci anda akan mati, karena mencret dan penyakit lainya.

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ini Ada baiknya mengenali terlebih dahulu jenis kelinci dan pakan terbaik untuk kelinci Baca selengkapnya disini..

Analisa Usaha Ternak Kelinci

Berikut Ulasan tentang bisnis ternak kelinci :
Memulai bisnis ternak kelinci
Bisnis ternak memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis ternak kelinci menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.
Untuk memulai bisnis ternak kelinci ini tidak begitu sulit.
Anda bisa memulainya dengan mudah dan  dengan modal yang tidak terlalu mahal.

Memulai bisnis ternak kelinci tidak membutuhkan lahan yang luas ,Anda dapat memulai bisnis ternak kelinci di samping rumah atau belakang rumah.

Pelaku bisnis ternak kelinci.

pelaku Bisnis ternak kelinci atau pengusaha ternak kelinci ini bisa dijalankan oleh semua orang dan sangat cocok untuk yang tinggal di pedesaan ,dikarenakan di desa atau kampung stok pakan alami kelinci begitu melimpah.

Baca:11 pakan kelinci alami beserta manfaatnya untuk kesehatan kelinci

Bagi Anda yang sedang bingung mencari pilihan bisnis ,bisnis ternak kelinci adalah ide yang tepat untuk anda jalankan,
Berbekal dengan kemauan dan minat yang kuat serta dengan sedikit modal,Anda bisa menjalankan bisnis ternak kelinci dengan mudah.
Bisnis Ternak Kelinci dan apaun itu adalah sama seperti sebuah bisnis Investasi, yang jika kita dalami tentang perhitungan untung dan ruginya tergantung dari kondisi pasar.

Analisa Konsumen bisnis ternak kelinci.


Konsumen kelinci bisa dibilang memiliki prospek Bagus, konsumen daging kelinci cukup besar mulai dari konsumsi rumahan hingga berbagai usaha kuliner yang mengolah Daging kelinci yang terkenal banyak mengandung vitamin dan gizi

Analisa peralatan untuk bisnis ternak kelinci;

Peralatan bisnis ternak kelinci yang diperlukan.
Dalam bisnis ternak kelinci membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya;

Kandang, pengadaan bibit kelinci, timbangan, selang, nipel ,grabah tempat pakan dan lain - lain.

Jika Anda memulai bisnis di lokasi perkotaan Anda harus menambah perlengkapan alat yaitu ;
Mesin cetak pakan kelinci lengkap ,dan penyewaan lahan.
Dengan persiapan pengadaan peralatan tersebut maka bisnis ternak kelinci Anda bisa berjalan maksimal.

Analisa pasar kelinci pedaging dan kelinci Hias.

Lokasi strategis dalam berjualan ternak kelinci
Dalam berjualan ternak kelinci, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel atau memasarkannya sendiri dengan bentuk olahan kelinci, atau jika anda memelihara jenis kelinci hobi anda bisa ikut dalam kontes kelinci ,jika kelinci Anda juara otomatis harga kelinci Anda akan sangat Mahal.
Anda juga bisa menawarkan lewat online memanfaatkan jejaring sosial untuk memasarkan kelinci hasil ternak anda.

Harga jual ternak kelinci

Patokan harga untuk daging kelinci dapat Anda buat dalam hitungan per kg daging dimana harga kelinci mulai Rp 35.000 hingga Rp 50.000 untuk kelinci pedaging ( Harga sewktu - waktu bisa berubah), sedang untuk harga jual kelinci hoby biasanya akan lebih mahal ,contoh kelinci jenis hobies Rex karpet umur 2 bulan bisa mencapai harga 200 ribu hingga 300 tergantung dari kondisi kelinci tersebut, dan prestasi kelinci dalam kontes kelinci.


Analisa Keuntungan Usaha ternak Kelinci

Dalam menjalankan bisnis ternak kelinci;
Bisnis ternak kelinci memiliki prospek cerah.
Keuntungan yang bisa Anda dapat bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis ternak kelinci ini.
Keuntungan pertama yang di dapat dari ternak kelinci, Tentu saja Anda bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan laba dari hobi, dan bisnis ini merupakan bisnis ternak yang paling banyak dicari orang terutama pecinta daging kelinci karena kandungan vitamin dalam daging kelinci yang terkenal banyak manfaatnya.


Anda juga bisa merambah pada Bisnis kelinci  khusus untuk kelinci hias .
Artinya , kelinci sini di tidak untuk disantap atau diambil dagingnya .
Untuk itulah bisnis kelinci hias ini masuk dalam kategori bisnis hobi .

Bagi Anda yang sudah memelihara kelinci pedaging , bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan.
Selain murah dan mudah , bisnis ini memiliki prospek yang tidak kalah dengan bisnis kelinci Hobies .
Bisnis ini juga memberikan keuntungan dobel , yakni dapat menjual anakan kelinci hias dan juga kelinci potong sekaligus .

Bulu dan fesesnya pun dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan .
Berikut adalah contoh analisis usaha dan keuntungan dari bisnis kelinci hias atau hobi.

Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila bisnis ternak kelinci sangat menguntungkan dimana dengan modal kecil, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Cara Untuk mendapatkan kelinci yang berkualitas baik maka anda harus memperhatikan kesehatan, makanan serta memberi makanan yang memiliki kandungan gizi untuk kelinci tersebut, seperti konsentrat dan vitamin, pakan kelinci harus memiliki serat seimbang agar kelinci anda bisa tumbuh sehat dan mempunyai bulu yang bagus .

Selan memperhatikan pakan kelinci , Anda juga harus rutin membersihkan kandang kelinci agar terhindar dari kotoran yang membuat kelinci anda sakit scabies atau gudik.

Cara Untuk mengobati kelinci yang terkena scabies atau gudik bisa menggunakan obat dari dokter hewan atau Anda juga bisa membuat obat sendiri.

Untuk pemberian makan kelinci anda harus berhati – hati karena kelinci pada umumnya mempunyai sistem pencernaan yang sangat lemah, jadi jika anda memberikan rumput atau sayuran, lebih baik anda keringkan atau layukan dulu agar kandungan air yang ada di dalam rumput atau sayuran itu berkurang, karena jika kelinci memakan terlalu banyak makanan yang mempunyai kandungan air tinggi maka kelinci akan mengalami diare dan mencret .

Jika sudah mengalami mencret atau diare anda harus memberikan perhatian khusus untuk kelinci tersebut seperti kandangnya di pindahkan atau dipisahkan dari kelinci lain (kadang isolasi), dan jangan lupa untuk memberikan makanan yang rutin untuk kelinci dan juga di berikan pelet (konsentrat) .
Yang terpenting adalah pemberian obat mencret untuk kelinci anda .
Demikian Analisa singkat tentang Ide Usaha bisnis ternak kelinci yang ternyata memiliki prospek meyakinkan.

Semoga informasi mengenai Analisa peluang dari bisnis ternak kelinci ini dapat bermanfaat , Bagi Anda yang ingin terjun Kedunia Bisnis ternak kelinci .
Selamat Mencoba semoga sukses.

Untuk Analisa dan Ide Usaha lainya klik :

2 Responses to "Ide dan Analisa Bisnis usaha ternak Kelinci Serta Cara Merawat Kelinci"

  1. artikel bagus sangat bermanfaat. saya juga ingin berbagi informasi yang lain, silahkan dikunjungin : Kelinci by UNAIR NEWS

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel